Rukun Islam Ke 5 Naik Haji Jika Mampu, Berikut 4 Amalan Pahalanya Sama Dengan Pahala Naik Haji Ke Mukaromah

Rukun Islam Ke 5 Naik Haji Jika Mampu, Berikut 4 Amalan Pahalanya Sama Dengan Pahala Naik Haji Ke Mukaromah

Kajian Islam. 4 amalan pahalanya sama dengan naik haji dan umroh --

Kajian Islam. Radar Seluma. Disway.id -Salah satu Rukun Islam yaitu naik haji jika mampu yaitu Rukun Islam yang ke 5, namun untuk menjalankan Rukun Islam ini ada pengecualian tidak semua orang untuk menjalankannya hanya di wajibkan bagi orang-orang yang memiliki kemampuan baik keuangan, kesehatan seperti fisik.

Namun Allah SWT memberikan rahmatnya bagi hamba-hamba nya yang belum memiliki kemampuan secara materi dan kesehatan fisik dapat melakukan amalan yang pahalanya Allah SWT persiapkan setara atau sama dengan pahala naik haji.

Berikut 4 Amalan yang dapat di lakukan bagi hamba-hamba Allah SWT yang belum di panggil naik haji yang pahalanya sama dengan pahala naik haji ke tanah suci Al-Mukarramah Mekah.

BACA JUGA:Inilah 7 Waktu Mustajab Untuk Berdoa di Bulan Ramadhan. Insyaallah Diijabah. Berikut Dalil nya.

Pertama: Shalat Berjamaah 5 Waktu di Masjid

Sholat secara berjamaah di Masjid adalah merupakan amalan yang dapat dilakukan bagi hamba-hamba Allah SWT ingin mendapatkan pahala yang mana nilai pahala nya sama dengan pahala amalan naik haji ke tanah suci Al-Mukarramah Mekah, maka bagi kita yang ingin menikmati mendapatkan pahala sama dengan pahala naik haji maka lakukan lah senantiasa sholat secara berjamaah di Masjid, sebab sholat berjamaah sebagaimana di ketahui memiliki keutamaan pahala 27 derajat dari pada Sholat sendirian 

Hal ini berdasarkan sebuah Hadits riwayat Abu Umamah, di mana Rasulullah SAW bersabda  yang berbunyi:

مَنْ مَشَى إِلَى صَلَاةٍ مَكْتُوبَةٍ وَهُوَ مُتَطَهِّرٌ فَأَجْرُهُ كَأَجْرِ الْحَاجِّ الْمُحْرِمِ

Artinya: 

"Barang siapa berangkat menuju ke tempat pelaksanaan salat fardhu, sedang dia dalam keadaan suci, maka pahalanya seperti pahala orang yang menunaikan ibadah haji dengan ihram." (HR Abu Dawud)

Adapun sholat  memiliki keutamaan mendapatkan ganjaran pahala 27 derajat daripada Sholat sendirian  Nabi Muhammad 

Rasulullah SAW bersabda yang berbunyi:

صلاة الجماعة أفضل من صلاة الفذ بسبع وعشرين درجة

Artinya: 

"Sholat berjamaah lebih utama 27 derajat dibanding sholat sendirian." (HR. Bukhari dan Muslim) 


Kajian Islam. Amalan setara ibadah haji dan umroh

Kedua: Berzikir Usai Sholat Subuh

Adapun amalan kedua yaitu berzikir setelah melaksanakan setiap sholat Fardu dalam hal ini yang pahala nya sama dengan pahala naik haji yaitu berzikir setelah selesai melaksanakan Sholat Fardhu Subuh yang mana lalu di lanjutkan dengan sholat 2 rakaat sholat Dhuha, berzikir merupakan salah satu amalan untuk mengingat dan memuji Allah SWT. Amalan ini dapat membuat seorang hamba menjadi lebih dekat dengan Sang Pencipta. 

Sebagaimana mana dijelaskan dalam sebuah Hadist dari Abu Umamah Radhiyallahu Anhu , ia berkata: Rasûlullâh SAW bersabda yang berbunyi:

عَنْ أَبِي أُمَامَةَ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمْ:”مَنْ صَلَّى صَلاةَ الصُّبْحِ فِي مَسْجِدِ جَمَاعَةٍ يَثْبُتُ فِيهِ حَتَّى يُصَلِّيَ سُبْحَةَ الضُّحَى، كَانَ كَأَجْرِ حَاجٍّ، أَوْ مُعْتَمِرٍ تَامًّا حَجَّتُهُ وَعُمْرَتُهُ”.

Artinya:

Dari Abu Umamah Radhiyallahu anhu , ia berkata: Rasullullah SAW bersabda: “Barangsiapa mengerjakan shalat Subuh di Masjid secara berjamaah, lalu dia tetap berada di dalam Masjid sampai melaksanakan Shalat Sunnah (di waktu) Dhuha, maka (pahala) amalannya itu seperti pahala orang yang menunaikan ibadah haji atau umrah secara sempurna”.(HR Thabrani)

BACA JUGA:Inilah Amalan-amalan Yang Bisa Kamu Lakukan Untuk Pelebur Dosa Sebelum Tidur Di Bulan Suci Ramadan

Ketiga: Pergi ke Masjid dengan Niat Mencari Ilmu

Masjid bukan hanya tempat untuk melaksanakan ibadah, tetapi juga tempat untuk mencari ilmu dan memperdalam pengetahuan Agama. Para ulama dan cendekiawan Agama seringkali memberikan ceramah, kajian, dan diskusi keagamaan di dalam Masjid. Ini memberikan kesempatan bagi umat Islam untuk belajar tentang ajaran Islam.

Sebagaimana penjelasan dari riwayat Abu Umamah bahwa Rasul berkata.

من غدا إلى المسجد لايريد إلا أن يتعلم خيرا أو يعلمه، كان له كأجر حاج تاما حجته 

Artinya

"Siapa yang berangkat ke Masjid hanya untuk belajar kebaikan atau mengajarkannya, diberikan pahala seperti pahala ibadah haji yang sempurna." (HR At Thabrani)

BACA JUGA:Mau Amalan Pahala Ramadhan Mu Melimpah..?? Hayoo Kerjakan Amalan-amalan Ini

Keempat: Berbakti Kepada Kedua Orang Tua

Amalan keempat yang dapat dilakukan untuk meraih pahala setara naik haji dan umroh yaitu memuliakan dan berbakti kepada kedua orang tua, Islam mengajarkan berapa penting dan wajib nya kita untuk berbakti dan memuliakan orang tua. Berbakti kepada kedua orang tua bukan hanya mendapatkan pahala yang setara ibadah haji dan jihad di jalan Allah SWT. 

Sebuah riwayat yang disampaikan oleh Anas bin Malik RA menyebutkan yang berbunyi:

عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَمْرٍو رَضِىَ اللَّهُ عَنْهُمَا قَالَ جَاءَ رَجُلٌ إِلَى رَسُولِ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم فَقَالَ جِئْتُ أُبَايِعُكَ عَلَى الْهِجْرَةِ وَتَرَكْتُ أَبَوَىَّ يَبْكِيَانِ فَقَالَ ارْجِعْ فَأَضْحِكْهُمَا كَمَا أَبْكَيْتَهُمَا

Artinya:

“Dari sahabat Abdullah bin Amr ra, ia bercerita, seorang sahabat mendatangi Rasulullah saw dan mengatakan, ‘Aku datang kepadamu untuk berbaiat hijrah dan kutinggalkan kedua orangtuaku dalam keadaan menangis. Rasul menjawab, ‘Pulanglah, buatlah keduanya tertawa sebagaimana kau membuat mereka menangis,’’” (HR Abu Dawud).

Dalam Hadits lain Rasulullah SAW bersabda yang berbunyi:

عَنْ مُعَاوِيَةَ بْنِ جَاهِمَةَ السُّلَمِيِّ، أَنَّ جَاهِمَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ أَتَى النَّبِيَّ صلى الله عليه وسلم، فَقَالَ إِنِّي أَرَدْتُ أَنْ أَغْزُوَ مَعَكَ وَجِئْتُ أَسْتَشِيرُكَ قَالَ هَلْ لَكَ مِنْ أُمٍّ؟ قَالَ نَعَمْ قَالَ فَالْزَمْهَا، فَإِنَّ الْجَنَّةَ تَحْتَ رِجْلِهَا

Artinya, 

“Dari Muawiyah bin Jahimah As-Sulami, Jahimah ra mendatangi Nabi Muhammad saw dan berkata, ‘Aku ingin berperang bersamamu dan aku datang untuk meminta petunjukmu.’ Rasul bertanya, ‘Apakah kamu mempunyai ibu?’ ‘Ya,’ jawabnya. ‘Lazimkanlah ibumu karena surga berada di bawah telapak kakinya,’” (HR An-Nasa’i, Ibnu Majah, dan Al-Hakim).

BACA JUGA:Keistimewaan Bulan Ramadhan, Kalian Wajib Tahu Hal Ini!

Demikianlah itulah amalan-amalan yang dapat dilakukan oleh kita lebih-lebih lagi di bulan suci Ramadhan ini yang mana pahala nya Allah SWT dilipatgandakan yang aman amalan-amalan tersebut setara dengan naik haji dan umroh Subhanallah sungguh besar ampunan Allah SWT sehingga ia menyiapkan ladang-ladang pahala tinggal lagi maukah kita memanfaatkan dan meraih pahala - pahala tersebut sebagai bekal kita di akhirat nanti nya. (djl) 

Sumber: