Vaksin Covid-19 di Seluma Masih Gratis Untuk Kelompok Rentan

Vaksin Covid-19 di Seluma Masih Gratis Untuk Kelompok Rentan

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Seluma, Rudi Syawaludin, S.Sos--

 

 

PEMATANG AUR, Radar Seluma.disway,id - Imunisasi virus corona atau imunisasi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) masuk menjadi program imunisasi rutin efektif mulai 1 Januari 2024 di seluruh Indonesia. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) masih menyediakan stok vaksin virus corona (Covid-19) sebanyak 4,1 juta dosis buatan dalam negeri, yang terdiri dari 3,6 juta vaksin Indovac dan 500 dosis vaksin Invac.

Pemberian vaksinasi Covid-19 tahun 2024 ini masih tetap gratis namun diberikan kepada kelompok rentan yang memiliki risiko fatalitas dan kematian akibat virus Corona ini.

BACA JUGA:Toyota Meliris Mobil Fortuner Sport Terbaru 2024 Pertengahan Tahun Diluncurkan Modern Terbaru Fitur CanggilBACA JUGA:Mitsubishi Pajero Sport 2024 Resmi Meluncur, Versi Mewah dan Teknologi Canggih Terdepan Semakin Memikat

Kelompok pertama adalah yang belum pernah menerima vaksin Covid-19 sama sekali, sedangkan kelompok kedua adalah yang sudah menerima minimal satu dosis vaksin Covid-19. Baik kelompok pertama maupun kelompok kedua, dikhususkan bagi masyarakat lanjut usia, lanjut usia dengan komorbid, dewasa dengan komorbid, tenaga kesehatan yang bertugas di garda terdepan. Selain itu, juga diberikan kepada ibu hamil, serta remaja usia 12 tahun ke atas dan kelompok usia lainnya dengan kondisi immunocompromised (orang yang mengalami gangguan sistem imun) tingkat sedang hingga berat. 

Penyediaan Vaksin untuk Pelaksanaan Vaksin Covid-19 Pilihan, bagi masyarakat yang tidak masuk dalam kriteria di atas, imunisasi Covid-19 menjadi imunisasi pilihan secara mandiri. Imunisasi mandiri bisa dilakukan di seluruh fasilitas pelayanan kesehatan yang menyediakan layanan vaksinasi Covid-19. "Untuk vaksin Covid-19 tahun 2024 ini masih tetap gratis. Namun berdasarkan surat dari Kementerian Kesehatan yang disasar atau diprioritaskan secara kriteria sudah diatur," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Seluma Rudi Syawaludin melalui Kabid P2P Muhirin, kemarin (25/1).

BACA JUGA:Mitsubishi Pajero Sport 2024 Resmi Meluncur, Versi Mewah dan Teknologi Canggih Terdepan Semakin Memikat

Dijelaskannya saat ini, pemerintah masih menerapkan kebijakan vaksin gratis kepada seluruh lapisan masyarakat sebagai salah satu upaya untuk meredam persebaran virus Covid-19. 

Sehingga dengan hal ini, masyarakat untuk segera vaksinasi di fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes) atau pos vaksinasi terdekat. Bagi masyarakat yang merasakan gejala seperti demam, batuk, dan pilek, agar segera memeriksakan diri ke fasyankes terdekat untuk diagnosis lebih lanjut.(adt)

 

Sumber: