Asia Selatan Berkembang Pesat, APAC Menjadikan Kota-kota Menonjol di Dunia

  Asia Selatan Berkembang Pesat, APAC Menjadikan Kota-kota Menonjol di Dunia

Kota kota di Asia Selatan berkembang pesat--

 

 

SINGAPURA, Radar Seluma.Disway.Id,  - Kota-kota di Asia Pasifik (APAC), yang dipelopori oleh Tokyo, Beijing, Singapura, Melbourne, dan Hong Kong, terus menegaskan pengaruhnya sebagai pusat perkotaan yang paling terhubung dan menonjol di dunia, menurut Laporan Kota Global 2023 Kearney. Laporan tersebut mengungkapkan bahwa APAC mempertahankan posisi yang kuat di 10 besar Indeks Kota Global (GCI), dan mengklaim lima posisi yang didambakan.

 

BACA JUGA:8 Desember 2023, Batik Air Buka Destinasi Terbaru! Mamuju-Makassar

BACA JUGA:Bugatti Chiron Super Sport Meraih Sorotan Mengungkap Kehebatan Mobil Tercepat di Dunia!

 

Laporan Kota Global Kearney tahun 2023 juga menemukan bahwa transformasi sosial, geopolitik, dan teknologi secara aktif mengganggu hierarki tradisional kota-kota global, sehingga menciptakan geografi peluang yang lebih tersebar luas. Laporan ini menemukan bahwa para pemimpin kota global menghadapi persaingan yang semakin besar dari pusat-pusat kota baru, dimana mereka yang mengambil pendekatan regeneratif siap untuk memimpin dalam menarik bakat, inovasi, dan investasi. Hal ini khususnya terjadi pada kota-kota di Asia Selatan yang mengalami peningkatan peringkat. Secara khusus, Mumbai (+7), New Delhi (+7), Dhaka (+7), Lahore (+5), dan Hyderabad (+4) telah menunjukkan peningkatan yang signifikan.

 

Indeks Kota Global

 

GCI berupaya mengukur sejauh mana suatu kota dapat menarik, mempertahankan, dan menghasilkan aliran modal, manusia, dan gagasan global. Kota diukur berdasarkan lima dimensi utama: Sumber Daya Manusia, Pertukaran Informasi, Pengalaman Budaya , Keterlibatan Politik, dan Aktivitas Bisnis . Rata-rata skor GCI telah mendatar setelah mengalami penurunan selama beberapa tahun; dimensi Sumber Daya Manusia mengalami peningkatan yang signifikan karena kembalinya pergerakan manusia internasional ke tingkat sebelum pandemi, yang mengimbangi penurunan berkelanjutan pada dimensi Aktivitas Bisnis sebagai akibat dari tantangan ekonomi yang terus-menerus.

 

New York, London, Paris, Tokyo, dan Beijing masing-masing mempertahankan posisi lima teratas. Brussels, Singapura, Los Angeles, Melbourne dan Hong Kong melengkapi 10 besar.

Sumber: