Setelah Khulafaur Rasyidin Umat Islam Dipimpin Oleh Bani Umayyah Dengan 14 Khalifah, Siapa Saja Yuk Simak

 Setelah Khulafaur Rasyidin Umat Islam Dipimpin Oleh Bani Umayyah Dengan 14 Khalifah, Siapa Saja Yuk Simak

Khalifah terkenal Dinasti Bani Umayyah--

 

Radar Seluma.Disway.Id - Setelah meninggalnya Nabi Allah Muhammad Rasulullah SAW kepemimpinan umat Islam di pimpin oleh 4 Khalifah yang sekaligus Sahabat Nabi Muhammad Rasulullah SAW yaitu Abu Bakar As Siddiq, Umar bin Khattab, Utsman bin Affan dan terakhir oleh Khalifah Ali bin Abi Thalib, setelah Khalifah Ali bin Abi Thalib meninggal dunia kekhalifahan Khulafaur Rasyidin di teruskan oleh Bani Umayyah atau kekhalifahan kedua yang  dipimpin oleh 14 Khalifah.

Adapun masa kekuasaan bani Umayyah hampir satu abad tepatnya selama 90 tahun. 

 

BACA JUGA:20 Petani Sawit Lubuk Lagan Seluma, Tanda Tangan Pernyataan Keresahan

BACA JUGA:Jajanan Tradisional yang Sudah Mulai Jarang ditemukan

 

Awal Mula Berdirinya Khilafah Bani Umayyah

 

Berdirinya Kekhalifahan Bani Umayyah bermula meninggalnya Khalifah Ali bin Abi Thalib yang bermula kepemimpinan umat Islam di pimpin oleh putra nya yang merupakan Cucu Nabi Muhammad Rasulullah SAW yaitu Hasan bin Ali bin Abi Thalib. 

Namun, pada 661 M, Hasan bin Ali bin Abi Thalib mengundurkan diri dari kekhalifahan, sehingga khalifah dipegang oleh Mu'awiyah pendiri sekaligus khalifah pertama bani Umayyah.

Mu'awiyah merupakan putra dari Abu Sufyan yang lahir 15 tahun sebelum Masehi menurut riwayat masyhur, Mu'awiyah bin Abu Sufyan masuk Islam bersama ayah dan saudara lelakinya, Yazid, serta semua orang Quraisy dalam Fathu Makkah atau penaklukan Kota Makkah.

 

Ibnu Katsir dalam Kitab Al-Bidayah wa An-Nihayah menyebut, Mu'awiyah memiliki nama panggilan Abu Abdurrahman dan dijuluki khalul-mu'minin (paman orang-orang yang beriman) dan katibu wahyi rabbil alamin (pencatat wahyu Tuhan semesta alam). Ibunya bernama Hindun binti Utbah bin Rabi'ah bin Abdu Syams bin Abdu Manaf.

Sumber: