Inspektorat Seluma Usut Dugaan Selingkuh Perangkat Desa

 Inspektorat Seluma Usut Dugaan Selingkuh Perangkat Desa

Marah Halim Kepala Inspektorat Seluma--

 

PEMATANG AUR, Radar Seluma.Disway.Id,  - Inspektorat Seluma saat ini sedang menindaklanjuti laporan dari salah satu desa terkait dengan laporan dugaan selingkuh oleh perangkat desa. Namun sayang dalam hal ini Inspektur Inspektorat Seluma Marah Halim masih enggan mengungkap perangkat desa mana yang dilaporkan dugaan selingkuh tersebut. "Ya betul ada laporan dugaan selingkuh. Nanti kalau sudah selesai. Kalau kita masih kita tindaklanjuti," kata Marah Halim, kemarin. 

 

BACA JUGA: Warga Sari Mulyo Seluma, Senang Didatangi Presiden Jokowi

 

Dikatakan Marah Halim setidaknya ada 18 desa yang dilaporkan ke Inspektorat Seluma. Dari jumlah tersebut mayoritas dari desa yang tahun ini akan menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades). 

 

"18 an desa. Didominasi oleh desa yang akan melaksanakan Pilkades tahun ini. Dari 18 desa itu satu desa yang sudah proses APH yaitu Nanti Agung. Sementara itu satu desa sedang proses pengembalian temuan dan satu lagi berpotensi dilimpahkan ke APH," sambungnya.

 

 

Selain terhadap 18 desa tersebut Inspektorat Kabupaten Seluma terus secara rutin melakukan pengawasan terhadap realisasi terhadap Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD). Setiap tahun selalu dilakukan audit di beberapa desa namun tetap yang menjadi prioritas diaudit adalah desa yang dilaporkan ke Inspektorat. 

 

 

Dalam rangka audit evaluasi oleh Inspektorat Seluma. Dijadwalkan Agustus nanti, Inspektorat Seluma kembali akan melakukan audit terhadap dana desa (DD) yang direalisasikan tahun 2022 lalu oleh desa. Inspektorat akan melihat sejauhmana efektivitas realisasi DD yang dilaksanakan oleh desa. Sama seperti audit evaluasi tahap  pertama yang selesai pada Mei kemarin. 

Sumber: