Biar Mudik Anda Aman, Perhatikan 10 Hal Ini

Biar Mudik Anda Aman, Perhatikan 10 Hal Ini

Mudik idul fitri tahun 2024 diperkirakan membludak --

Karena dalam perjalanan, kita tidak tahu apa yang terjadi. Bisa saja nanti anda terkena macet panjang, sehingga mengalami pusing atau masuk angin.

 Khususnya jika ada anggota keluarga Anda yang memiliki riwayat penyakit atau gangguan kesehatan tertentu, maka sangat penting untuk memperhatikan tips mudik aman dan nyaman ini.

 

 

BACA JUGA:Bukan Batal Landing, Wings Air Ngaku Uji Sistem

 

5. Pastikan juga perbekalan lainnya juga memadai

Selain obat-obatan, tips mudik nyaman dan aman yang tak kalah penting adalah memastikan semua perbekalan Anda sepanjang perjalanan termasuk makanan, minuman, serta pakaian juga memadai. Khusus untuk makanan dan minuman Anda bahkan dianjurkan untuk membuat persiapan ekstra untuk keadaan darurat. Apalagi jika Anda membawa anak kecil yang masih membutuhkan keperluan khusus seperti popok, susu, dan lainnya, pastikan juga semua kebutuhannya tak lewat dari perbekalan Anda.

 

6. Periksa semua kesiapan kendaraan yang akan digunakan untuk mudik

Tips mudik aman dan nyaman selanjutnya ini berlaku bagi Anda yang hendak mudik menggunakan kendaraan pribadi. Sebelum melakukan perjalanan, pastikan kendaraan benar-benar dalam keadaan siap untuk dibawa perjalanan jauh. Lakukan pengecekan mesin, rem, oli, hingga ban dan lainnya. Bila perlu, bawa mobil ke bengkel terlebih dahulu untuk dicek secara profesional. Selain itu, tips mudik aman dan nyaman lainnya yang penting jika Anda membawa kendaraan pribadi adalah memastikan peralatan seperti dongkrak, obeng, tang, ban serep, dan sejenisnya tersedia di mobil untuk berjaga-jaga di keadaan darurat. Pastikan juga isi bahan bakar semaksimal mungkin sebelum memulai perjalanan.

 

7. Pentingnya power bank, kuota internet dan gadget

Dahulu, tips mudik aman dan nyaman terasa lebih ribet karena beberapa hal masih harus Anda persiapkan secara manual seperti mengumpulkan info mengenai rute perjalanan, membawa cadangan peta perjalanan dan lainnya. Namun, kini semua hal tersebut sudah tersedia lewat perangkat smartphone. Mengingat pentingnya peran smartphone selama mudik, jangan lupa untuk pastikan kuota internet memadai serta bawa power bank yang telah terisi penuh untuk mematikan Anda tidak akan pernah kehabisan baterai sepanjang perjalanan dan smartphone selalu siap jika Anda membutuhkan sesuatu di smartphone seperti mengecek rest area terdekat, hotel terdekat, rute perjalanan, atau kebutuhan darurat lainnya.

 

Sumber: