Wabup Bengkulu Selatan Butuh Dukungan Ivestor Bangunan Pabrik Pakan Ikan..Untuk Apa?

Wabup Bengkulu Selatan Butuh Dukungan Ivestor Bangunan Pabrik Pakan Ikan..Untuk Apa?

--

BENGKULU SELATAN - Sumber daya perikanan adalah salah satu potensi yang menjanjikan di Kabupaten Bengkulu Selatan, mengingat Kabupaten yang bergelar Bumi Sekundang Setungguan berbatasan langsung dengan Samudera Hindia.

 

 

 

"Dermaga perahu dan Tempat Pelelangan Ikan (TPI) yang masih sederhana dirasa perlu ditingkatkan kapasitasnya melalui investasi Pemerintah dalam rangka mendongkrak sumber daya perikanan tangkap, khususnya perikanan laut. Hal tersebut disampaikan Wakil Bupati Bengkulu Selatan H. Rifa’i Tajuddin pada High Level Meeting Percepatan Investasi dan Pengembangan Ekspor UMKM Provinsi Bengkulu yang digelar di Ballroom Mercure Hotel Bengkulu, dimana High Level Meeting ini dipimpin langsung oleh Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah dan turut dihadiri oleh Bupati/Walikota se Provinsi Bengkulu, kemarin (27/2/23).

Diterangkan Wabup, pendangkalan bibir muara pasar bawah secara langsung berakibat pada menurunnya hasil tangkapan ikan di Bengkulu Selatan, sebagai akses keluar masuk nelayan melaut, bibir muara menjadi hal yang sangat penting bagi para nelayan untuk dibangun.

BACA JUGA:Berantas DBD, Bupati BS Pimpin Kebersihan

BACA JUGA:Dinas Perikanan BS Perjuangkan Bantuan Untuk Nelayan, Tingkatkan Perekonomian

BACA JUGA:Peserta PPPK Damkar BS Try Out, Untuk Apa? Simak..

 

"Sudah kami alokasikan anggaran tahun ini untuk membangun pengerukan bibir sungai, demi meminimalkan terjadinya pendangkalan di bibir muara agar akses keluar masuknya nelayan menjadi lancar," ungkap Wabup.

Begitupun dengan perikanan budidaya, banyaknya kolam-kolam ikan budidaya yang dikelola oleh petani ikan dan sumber daya perairan sungai yang masih terjaga membuat pembudidayaan ikan kolam menjadi potensi ekonomi yang cukup menjanjikan.

"Sudah menjadi salah satu pemasok ikan budidaya kolam kabupaten Bengkulu Selatan untuk daerah luar seperti Pagar Alam, Muara Enim dan Lahat," kata Wabup.

Oleh sebab itu dalam presentasinya, Wabup meminta agar investasi di Bengkulu Selatan diarahkan pada pembangunan pabrik pakan ikan, mengingat di Bengkulu Selatan juga terdapat banyak bahan untuk pembuatan pakan ikan seperti jagung dan gabah.

Penulis : Muktar Ilyas

Sumber: