Ada 15 Kasus Pneumonia Ditemukan di Seluma,Ini Tindakan Dinkes

Ada 15 Kasus Pneumonia Ditemukan di Seluma,Ini Tindakan Dinkes

Rudi Sawaludin--

 

"Vaksinasi PCV akan lebih efektif diberikan saat anak berusia dua bulan untuk dosis pertama dan tiga bulan untuk dosis kedua. Namun jika memang mengalami keterlambatan dan dilakukan dibulan selanjutnya juga masih dapat dilaksanakan. Hanya saja waktu idealnya yakni di usia dua dan tiga bulan," ujarnya. 

 

Riduwan juga mengatakan, jika sejauh ini pelaksanaanya masih sedikit. Hal tersebut dikarenakan banyak yang belum mengetahui dan vaksin PCV tersebut jadwalnya juga sama dengan imunisasi DPT. Sehingga terkadang orang tua bayi khawatir jika disuntik dua kali akan membahayakan anaknya. 

 

"Biasanya akan timbul demam, akan tetapi itu hal biasa karena merupakan reaksi tubuh terhadap vaksin tersebut," terangnya.

 

Riduwan juga menambahkan, kedepannya Dinkes Kabupaten Seluma akan lebih gencar lagi melakukan sosialisasi kepada masyarakat dan juga kepada jajaran dibawah. Yakni jajaran Puskesmas, untuk melaksanakan vaksinasi PCV juga karena hal tersebut dapat meminimalisir anak dari penyakit mematikan. Sehingga perlu diingat bahwa vaksinasi PCV itu gratis dan tersedia di Dinkes Kabupaten Seluma.(ctr)

 

 

 

Sumber: