Bank Indonesia Tetap Pertahankan Suku Bunga BI Rate 6%

Kamis 17-10-2024,14:22 WIB
Reporter : Jeffri Ginting
Editor : Jeffri Ginting

 

JAKARTA,Radarseluma.Disway.Id - Bank Indonesia mempertahankan suku bunga BI rate sebesar 6% pada Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia tanggal 15-16 Oktober 2024.

Selain BI rate yang tetap, Bank Indonesia juga mempertahankan suku bunga Deposit Facility sebesar 5,25%, dan suku bunga Lending Facility sebesar 6,75%. Keputusan tersebut sebagai langkah konsisten untuk menjaga stabilitas dan mendorong pertumbuhan ekonomi.

 

BACA JUGA:Toyota Fortuner Raja SUV Kembali Hadir dengan Penyegaran Menawan di Pasar Otomotif

BACA JUGA:Honda Jazz Generasi 3 Masih Menjadi Primandona di Pasar Otomotif Incaran Para Remaja

Kebijakan moneter, makroprudensial, dan sistem pembayaran untuk menjaga stabilitas dan mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

Bank Indonesia akan memprioritaskan menjaga stabilitas rupiah ditengah ketidakpastian ekonomi global yang dapat menyebabkan fluktuasi jangka pendek, yakni dengan menjaga struktur suku bunga di pasar uang Rupiah untuk daya tarik imbal hasil bagi aliran masuk portofolio asing ke aset keuangan domestik, mengoptimalkan Sekuritas Rupiah Bank Indonesia (SRBI), Sekuritas Valas Bank Indonesia (SVBI), dan Sukuk Valas Bank Indonesia (SUVBI), memperkuat strategi transaksi term-repo dan swap valas yang kompetitif; dan memperkuat peran Primary Dealer (PD).

 

Bank Indonesia terus memperkuat Kebijakan Insentif Likuiditas Makroprudensial (KLM) untuk mendorong pertumbuhan kredit.

BACA JUGA:Ternyata Toyota Kijang Innova Luxury dan New Venturer Dibekali Integrated Air Purifier Berkualitas

BACA JUGA:Total Peserta CPNS 2024, Yang Ikut Tes SKD di Hari Pertama!

Pertumbuhan kredit pada September 2024 mencapai 10,85% yoy, melambat dari bulan sebelumnya yang sebesar 11,4% yoy. Pertumbuhan kredit tersebut juga didukung oleh KLM Bank Indonesia. Hingga minggu kedua Oktober 2024, Bank Indonesia telah menyalurkan insentif KLM sebesar Rp256,5 triliun.

 

Office of Chief Economist Bank Mandiri memperkirakan masih terdapat ruang penurunan BI rate sebesar 25 bps menjadi 5,75% pada akhir tahun 2024.

Kategori :