Sering Dengar dan Berhubungan, Ini Arti dan Manfaat Leasing!

Senin 16-09-2024,16:08 WIB
Reporter : Jeffri Ginting
Editor : Jeffri Ginting

Jenis-jenis Leasing

Ada banyak jenis leasing yang tersedia dengan karakteristik dan keunggulannya sendiri. Berikut ini beberapa diantaranya:

 

Capital Lease

Salah satu jenis leasing adalah capital lease atau dikenal juga sebagai sewa modal merupakan skema pembiayaan dimana perusahaan leasing dibutuhkan oleh perusahaan penyewa berdasarkan spesifikasi tertentu.

 

Aset tersebut kemudian disewakan dalam jangka waktu tertentu melalui skema pembayaran cicilan berkala. Pada akhir periode sewa, pihak penyewa memiliki hak untuk membeli aset dengan harga yang telah disepakati sebelumnya.

 

Operating Lease

Operating lease adalah jenis leasing yang paling umum digunakan. Dalam operating lease, pihak perusahaan pembiayaan memiliki kepemilikan penuh atas barang atau aset yang disewakan. 

 

Pihak penyewa di sisi lain hanya membayar sewa selama jangka waktu tertentu dan tidak memiliki opsi untuk membeli barang atau aset tersebut di akhir masa sewa.

 

Sales Type Lease

Salah satu jenis leasing adalah sales type lease yang merupakan perjanjian sewa di mana kepemilikan aset yang disewakan akan dialihkan kepada penyewa pada akhir masa sewa.

 

Kategori :