Sering Dengar dan Berhubungan, Ini Arti dan Manfaat Leasing!

Senin 16-09-2024,16:08 WIB
Reporter : Jeffri Ginting
Editor : Jeffri Ginting

Setelah masa sewa berakhir, Anda dapat mengganti aset dengan yang lebih baru tanpa perlu melewati proses pembelian dan penjualan yang rumit.

 

Selain manfaat di atas, leasing juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu dipertimbangkan dalam jangka panjang. Misalnya, biaya sewa yang Anda bayar selama masa kontrak bisa lebih tinggi dari total harga aset jika membelinya secara tunai.

 

Perbedaan Kredit dan Leasing

Kredit dan leasing adalah dua jenis pembiayaan yang sering digunakan untuk mendapatkan barang atau jasa. Meskipun keduanya memiliki tujuan yang sama, terdapat beberapa perbedaan mendasar antara kredit dan leasing.

 

Namun, tak sedikit orang yang mengira kredit dan leasing adalah jenis pembiayaan yang sama. Berikut ini sejumlah perbedaan kredit dan leasing agar Anda tidak salah mengartikan keduanya:

 

Berdasarkan Definisi

Perbedaan pertama antara kredit dan leasing adalah dari segi definisinya. Kredit adalah kegiatan meminjam dana dari bank atau lembaga pembiayaan lain dengan jaminan atau tanpa jaminan.

 

Berbeda dengan kredit, leasing adalah kegiatan menyewakan barang modal kepada perorangan atau perusahaan untuk digunakan dalam jangka waktu tertentu.

 

Berdasarkan Objek Pembiayaan

Objek pembiayaan juga menjadi faktor yang membedakan antara kredit dan leasing. Dalam kredit, yang menjadi objek pembiayaan adalah semua jenis barang atau jasa yang dapat dimiliki secara permanen oleh nasabah.

Kategori :