Reformasi Hongkong untuk Meningkatkan Pembangunan dan Membangun Masa Depan

 Reformasi Hongkong untuk Meningkatkan Pembangunan dan Membangun Masa Depan

Pidato Kebijakan ketiga Kepala Eksekutif Hong Kong SAR John Lee bertema “Reformasi untuk Meningkatkan Pembangunan dan Membangun Masa Depan Kita Bersama”.--

Di bidang keuangan, Pidato Kebijakan tersebut menetapkan pengembangan strategis Hong Kong sebagai pusat keuangan internasional di semua lini. Kebijakan tersebut berupaya untuk memperkuat status Hong Kong sebagai pusat bisnis Renminbi lepas pantai terbesar di dunia, meningkatkan pasar aset dan sekuritas, serta mengembangkan Hong Kong menjadi pasar perdagangan emas internasional melalui langkah-langkah seperti membangun fasilitas penyimpanan emas kelas dunia dan memperkuat mekanisme perdagangan serta kerangka regulasi. Hal ini pada gilirannya akan mendorong permintaan untuk layanan terkait seperti bisnis agunan dan pinjaman, yang membuka area pertumbuhan baru di sektor keuangan.

 

Di sisi pengiriman, Badan Maritim dan Pelabuhan Hong Kong yang ada akan dibentuk kembali menjadi Badan Pengembangan Maritim dan Pelabuhan Hong Kong. Pendanaan tambahan akan diberikan untuk meningkatkan kemampuan penelitiannya, memperkuat kerja promosi di Daratan dan luar negeri, serta meningkatkan pelatihan tenaga kerja, mendorong lebih banyak perusahaan jasa maritim di Daratan dan luar negeri untuk hadir di Hong Kong, serta mempromosikan pembangunan berkelanjutan industri maritim Hong Kong. Pemerintah akan memajukan pembangunan Hong Kong menjadi pusat maritim hijau, sementara pada saat yang sama menjajaki pengenalan keringanan pajak dan memfasilitasi bursa komoditas internasional untuk mendirikan gudang terakreditasi di Hong Kong, sehingga dapat membangun ekosistem perdagangan komoditas, khususnya untuk penyimpanan dan pengiriman produk logam non-ferrous, yang selanjutnya mempromosikan pembangunan jasa maritim dan perdagangan Hong Kong.

 


Hongkong mengatur pemerintahan sendiri dengan mata uang dolar--

Terkait sektor perdagangan, Pemerintah akan membangun pusat layanan rantai pasokan bernilai tambah tinggi. Melalui langkah-langkah seperti memperkaya mekanisme layanan rantai pasokan bernilai tambah tinggi dan meningkatkan layanan kredit ekspor, serta memanfaatkan peluang baru yang muncul dari Perjanjian Kedua Mengenai Amandemen Perjanjian Kemitraan Ekonomi yang Lebih Erat (CEPA) Tiongkok Daratan dan Hong Kong tentang Perdagangan Jasa, Pemerintah akan berupaya menarik perusahaan-perusahaan Tiongkok Daratan dan luar negeri untuk mendirikan kantor pusat atau divisi perusahaan mereka di Hong Kong. Pemerintah akan terus memperluas jaringan ekonomi dan perdagangan global Hong Kong dengan giat, dengan penekanan khusus pada penguatan hubungan ekonomi dan perdagangan Hong Kong dengan serta upaya pemasaran di pasar-pasar berkembang, sehingga memungkinkan Hong Kong untuk memainkan peran yang lebih besar dalam keterbukaan negara tersebut terhadap dunia. Selain itu, Pemerintah akan mengurangi bea masuk minuman keras, mendorong perdagangan minuman keras, dan meningkatkan pengembangan industri bernilai tambah tinggi.

 

 

Pidato Kebijakan menyuntikkan vitalitas yang lebih besar ke dalam ekonomi Hong Kong.

 

Mengembangkan kekuatan produksi baru yang berkualitas dan disesuaikan dengan kondisi setempat

 

Elemen inti dari kekuatan produksi baru yang berkualitas adalah mencapai pembangunan ekonomi berkualitas tinggi melalui pemberdayaan teknologi. Pemerintah berupaya keras untuk mempercepat pembangunan Hong Kong menjadi pusat inovasi dan teknologi (I&T) internasional. Selain investasi tambahan yang dilakukan selama dua tahun terakhir, Dana Berorientasi Industri I&T senilai $10 miliar akan dibentuk untuk mengarahkan lebih banyak modal pasar untuk berinvestasi dalam industri-industri tertentu yang sedang berkembang dan masa depan yang memiliki kepentingan strategis, termasuk teknologi kehidupan dan kesehatan serta kecerdasan buatan. Pemerintah juga akan meluncurkan Skema Percontohan Akselerator I&T untuk menarik penyedia layanan rintisan profesional untuk mendirikan basis akselerator di Hong Kong, yang mendorong pertumbuhan rintisan yang kuat.

 

Pidato Kebijakan tersebut juga mengusulkan pembentukan Kelompok Kerja Pengembangan Ekonomi Dataran Rendah. Dimulai dengan proyek-proyek pada aplikasi dataran rendah, kelompok kerja tersebut akan menunjuk tempat-tempat tertentu untuk tujuan tersebut, menyusun peraturan dan merancang pengaturan kelembagaan, mempelajari dan memetakan rencana untuk mengembangkan infrastruktur dan jaringan yang dibutuhkan, dan mempromosikan hubungan dengan Daratan, yang mendorong pembangunan ekonomi dataran rendah.

 

BACA JUGA: Rumah dan Alat Bengkel Terbakar, Warga Padang Batu Seluma Rugi 70 Juta

Pada saat yang sama, Pemerintah berkomitmen untuk mempromosikan pengembangan energi baru, seperti bahan bakar maritim hijau, bahan bakar penerbangan berkelanjutan, dan energi hidrogen. Pemerintah juga akan mempercepat reformasi mekanisme persetujuan untuk obat-obatan dan peralatan medis, mendirikan Pusat Studi dan Aplikasi Dunia Nyata, dan bekerja sama dengan Shenzhen untuk mendirikan Platform Kolaborasi Uji Klinis GBA guna meningkatkan kemampuan uji klinis Hong Kong dan mempercepat pendaftaran obat-obatan baru, mengembangkan Hong Kong menjadi pusat inovasi kesehatan dan medis internasional.

 

Membangun Hong Kong menjadi pusat internasional bagi talenta-talenta hebat

 

Sumber: