Kisah Keteladanan Nabi Daud AS yang Patut Di Contoh Part Dua

Kisah Keteladanan Nabi Daud AS yang Patut Di Contoh Part Dua

Kajian Islam. Kisah keteladanan Nabi Daud AS --

Kajian Islam. Radar Seluma. Disway.id -Seorang Nabi dan Rasul tentu haruslah menjadi contoh atau teladan bagi umat nya maupun generasi selanjutnya bagi seluruh umat Manusia begitu juga Nabi Daud AS tentu memiliki teladan yang patut kita contoh selain kita membahas tentang teladan Nabi Daud AS perlu kita ketahui juga bahwa Nabi Daud AS dikenal sebagai seorang hakim yang bijaksana dan adil dalam memutuskan suatu perkara. 

Sebagaimana Allah SWT berfirman dalam Al-Qur'an Surat Sad Ayat 26 berbunyi:

يٰدَاوٗدُ اِنَّا جَعَلْنٰكَ خَلِيْفَةً فِى الْاَرْضِ فَاحْكُمْ بَيْنَ النَّاسِ بِالْحَقِّ وَلَا تَتَّبِعِ الْهَوٰى فَيُضِلَّكَ عَنْ سَبِيْلِ اللّٰهِ ۗاِنَّ الَّذِيْنَ يَضِلُّوْنَ عَنْ سَبِيْلِ اللّٰهِ لَهُمْ عَذَابٌ شَدِيْدٌ ۢبِمَا نَسُوْا يَوْمَ الْحِسَابِ ٢٦

Artinya: "(Allah berfirman,) "Wahai Daud, sesungguhnya Kami menjadikanmu khalifah (penguasa) di bumi. Maka, berilah keputusan (perkara) di antara manusia dengan hak dan janganlah mengikuti hawa nafsu karena akan menyesatkan engkau dari jalan Allah. Sesungguhnya orang-orang yang sesat dari jalan Allah akan mendapat azab yang berat, karena mereka melupakan hari Perhitungan." (QS Sad 26)

BACA JUGA:Kisah Nabi Daud AS Seorang Raja Bani Israil Yang Sangat Dihormati. Part Satu

Nabi Daud AS merupakan penyelamat kaum Bani Israil serta menjadi seorang pemimpin yang sangat dikagumi.

Allah SWT menganugerahi Nabi Daud AS dengan kerajaan dan kenabian, kebaikan dunia dan akhirat. Dan ada banyak keteladanan dari Nabi Daud AS yang patut diteladani dalam menjalani kehidupan sehari-hari, kali ini ada empat teladan Nabi Daud AS yang akan di kupas bersama Radar Seluma. Disway.id 

Pertama: Taat Beribadah Kepada Allah SWT 

Nabi Daud AS meskipun seorang Raja dan banyak mengurusi umatnya namun hal tersebut tidak menjadikan ia lalai dalam menjalan kewajiban ibadahnya kepada Allah SWT dengan khusuk dan penuh keikhlasan.

Sebagai seorang Raja dan Nabi, Nabi Daud memberikan contoh yang baik terhadap umatnya dalam hal manajemen waktu yang baik, mampu membagi waktu antara urusan duniawi dan ibadah kepada Allah SWT.

Allah SWT berfirman dalam Al-Qur'an Surat Shad ayat 17 berbunyi:

اِصْبِرْ عَلٰى مَا يَقُوْلُوْنَ وَاذْكُرْ عَبْدَنَا دَاوٗدَ ذَا الْاَيْدِۚ اِنَّهٗٓ اَوَّابٌ

Artinya: “Bersabarlah atas apa yang mereka katakan; dan ingatlah akan hamba Kami Dawud yang mempunyai kekuatan; sungguh dia sangat taat (kepada Allah).”(Q.S. Shad: 17)

BACA JUGA:Kisah Mukjizat & Keteladanan Nabi Dzulkifli AS Yang Dapat Di Ambil Hikmah

Kedua: Bersikap Adil

Nabi Daud AS sekaligus seorang Raja dikenal sebagai Raja terkenal adil dan bijaksana dalam kepemimpinan nya baik sebagai Nabi dan Rasul maupun sebagai seorang Raja, suatu ketika ketika Nabi Daud AS memutuskan perkara dua orang berselisih mengenai kepemilikan Domba secara adil dan bijaksana sehingga kedua orang tersebut saling menerima atas keputusan Nabi Daud AS 

Ketiga: Selalu Bekerja Keras

Nabi Daud AS meskipun seorang Nabi dan Raja tetap memberikan contoh tentang pentingnya bekerja keras dan tidak menyia-nyiakan potensi yang diberikan Allah SWT, meskipun Nabi Daud AS memiliki kemampuan luar biasa untuk melunakkan besi, namun Nabi Daud AS tidak malas atau mengandalkan kemampuan yang dianugerahkan kepada namun Nabi Daud AS tetap bekerja keras sebagaimana Manusia normal Nabi Daud AS tidak menganggap kemampuan ajaibnya sebagai jaminan keberhasilan tanpa usaha.

Sebagai gantinya, beliau memilih untuk bekerja keras dan memanfaatkan bakat yang diberikan Allah untuk menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi dirinya dan orang lain.

Sikap Nabi Daud mengajarkan kita bahwa meskipun kita mungkin memiliki bakat atau kemampuan khusus, itu tidak cukup untuk mencapai kesuksesan. (djl)

Bersambung Part Tiga 

 

Sumber: