Tanam Rambat Bermanfaat Untuk Kebun Sawit

Tanam Rambat Bermanfaat Untuk Kebun Sawit

Bupati Menunjukan Gulma/Rambat Bermanfaat Untuk Mendukung Pertumbuhan Kelapa Sawit--

 

 

BENGKULU SELATAN, radarseluma.disway.id - Gulma/Rambat merupakan tumbuhan yang dapat tumbuh hampir dimana saja, namun keberadaannya sangat tidak diinginkan di areal pertanaman. Pada tanaman kelapa sawit gulma/Rambat bersaing dalam mendapatkan unsur hara, cahaya, iklim mikro. Tetapi gulma/Rambat ternya dapat bermanfaat untuk mendukung tanaman sawit.

 

Bupati Bengkulu Selatan (BS), Gusnan Mulyadi,SE.MM menuturkan pertumbuhan gulma/rambat pada Tanaman Belum Menghasilkan (TBM) akan sangat cepat dikarenakan intensitas cahaya yang sampai permukaan tanah masih tinggi dan memicu perkecambahan benih-benih gulma yang terdapat di sekitar pertanaman. Jenis gulma yang tumbuh dominan pada perkebunan kelapa sawit berbeda antara satu tempat dengan tempat  lainnya, dimana dominansi gulma disebabkan adanya  perbedaan karakteristik lingkungan antara satu  tempat dengan tempat  lainnya. 

 

"Gulma/Rambat pada tanaman kelapa sawit dibudidayakan pada lahan basah/gambut berbeda dengan gulma yang tumbuh sekitar kelapa sawit, sehingga penanganan yang dilakukan juga berbeda. Penanganan gulma tergantung pada fisiologis dan jenis gulma, kararakteristik lahan serta umur tanaman,"ujar Gusnan.

 

Dikatakan Gusnan, gulma yang tumbuh pada lahan kering umumnya adalah gulma berdaun lebar seperti Mikania micrantha, Ageratum conyzoides, Asystasia gangetica, Borreria alata tunggul/anak kayu dan gulma berdaun sempit. Sedangkan dilahan basah pada umumnya didominasi oleh gulma berdaun sempit.

BACA JUGA:Bupati BS Ajak Fokus Tujuan Hidup Untuk Menemukan Kebahagiaan

BACA JUGA:Warga BS Diminta Tetap Waspada, Kasus DBD Masih Mengintai

"Dengan teknik pengelolaan yang tepat, ramah lingkungan dan ekonomis dapat menyediakan lingkungan yang baik untuk tumbuh pohon kelapa Sawit,"ucap Gusnan.

 

Ia mengakui pengendalian gulma sangat perlu memahami karakteristik gulma, pengelolaan gulma di area piringan berbeda dengan di area gawangan.

Sumber: