Mukjizat Nabi Saleh..?? Subhanallah Salah Satunya Unta Betina yang Keluar dari Batu Kondisi Hamil 10 Bulan

Mukjizat Nabi Saleh..?? Subhanallah Salah Satunya Unta Betina yang Keluar dari Batu Kondisi Hamil 10 Bulan

Kajian Islam. Mukjizat Nabi Saleh AS Unta betina keluar dari bongkahan batu--

Kajian Islam. Radar Seluma. Disway.id - Allah SWT mengutus para Nabi dan Rasul untuk menjadi Khalifah dan mengajak kaum dan umatnya untuk bertauhid dan memberikan peringatan untuk menyembah Allah SWT untuk itu Allah SWT mengutus Nabi Saleh AS untuk Kaum Tsamud yang menyembah berhala yang mereka buat sendiri
 
Sebagaimana Allah SWT berfirman dalam Al-Qur'an Surat Al A'raf ayat 73 berbunyi: 
 
وَاِلٰى ثَمُوْدَ اَخَاهُمْ صٰلِحًاۘ قَالَ يٰقَوْمِ اعْبُدُوا اللّٰهَ مَا لَكُمْ مِّنْ اِلٰهٍ غَيْرُهٗۗ قَدْ جَاۤءَتْكُمْ بَيِّنَةٌ مِّنْ رَّبِّكُمْۗ هٰذِهٖ نَاقَةُ اللّٰهِ لَكُمْ اٰيَةً فَذَرُوْهَا تَأْكُلْ فِيْٓ اَرْضِ اللّٰهِ وَلَا تَمَسُّوْهَا بِسُوْۤءٍ فَيَأْخُذَكُمْ عَذَابٌ اَلِيْمٌ
Artinya: 
"Dan kepada Kaum Samud (Kami utus) saudara mereka Saleh. Dia berkata, “Wahai kaumku! Sembahlah Allah! Tidak ada tuhan (sembahan) bagimu selain Dia. Sesungguhnya telah datang kepadamu bukti yang nyata dari Tuhanmu. Ini (seekor) unta betina dari Allah sebagai tanda untukmu. Biarkanlah ia makan di bumi Allah, janganlah disakiti, nanti akibatnya kamu akan mendapatkan siksaan yang pedih.” (QS Al A'raf 73)
 
 
Dalam perjalanan dakwah banyak bantahan dan tantangan dari kaum dan umat nya sehingga untuk membuktikan kenabian seorang dan dan Rasul Allah Memberikan Mukjizat kepada para Nabi dan Rasul sebagai pembuktian atas pembangkangan atau keingkaran umat Manusia. 
 
Sama hal nya dengan Nabi Saleh AS juga Allah SWT berikan Mukjizat untuk menghadapi Kaum Tsamud Umat Nabi Saleh AS, sebagai Salah Satu Mukjizat Nabi Saleh AS diceritakan oleh para Mufassir bahwa sebagai bukti kerasulan Nabi Saleh AS, Kaum Tsamud menantang Nabi Saleh AS untuk dapat mengeluarkan seekor unta betina yang sedang hamil 10 bulan dari sebuah batu besar yang ditunjuk oleh mereka.
 
Atas permintaan Kaum Tsamud Nabi Saleh berdoa kepada Allah SWT dan atas izin Allah SWT setelah Nabi Saleh AS menepuk sebuah batu yang besar keluarlah seekor Unta Betina sesuai permintaan Kaum Tsamud. 
Dan Unta Betina tersebut di juluki sebagai “Unta Betina Allah”
 

Kajian Islam. Kisah Nabi Saleh memberikan peringatan kepada kaum Tsamud
 
Sehingga hal tersebut membuat terkejut bukan kepalang Kaum Tsamud atas Mukjizat Nabi Saleh AS tersebut sehingga sebagian beriman kepada Nabi Saleh AS dan kepada Allah SWT akan tetapi sebagian lainnya tetap ingkar kepada Nabi Saleh AS dan Allah SWT Maka bersabdalah Nabi Saleh AS yang mana di abadikan oleh Allah SWT dalam Al-Qur'an Surat Hud ayat 64 berbunyi: 
 
وَيٰقَوۡمِ هٰذِهٖ نَاقَةُ اللّٰهِ لَـكُمۡ اٰيَةً فَذَرُوۡهَا تَاۡكُلۡ فِىۡۤ اَرۡضِ اللّٰهِ وَلَا تَمَسُّوۡهَا بِسُوۡٓءٍ فَيَاۡخُذَكُمۡ عَذَابٌ قَرِيۡبٌ
Artinya: 
“Hai kaumku, inilah unta betina dari Allah sebagai mukjizat (yang menunjukkan) kebenaran untukmu, sebab itu biarlah dia makan di bumi Allah, dan janganlah kamu mengganggunya dengan gangguan apapun yang akan menyebabkan kamu ditimpa azab yang dekat.” (QS Hud 64).
 
 
Dalam Surat lain Allah SWT juga berfirman dalam Al-Qur'an Surat Asy-Syu'ara ayat 156 berbunyi: 
 
وَلَا تَمَسُّوۡهَا بِسُوۡٓءٍ فَيَاۡخُذَكُمۡ عَذَابُ يَوۡمٍ عَظِيۡمٍ
Artinya: 
“Dan janganlah kamu sentuh unta betina itu dengan sesuatu kejahatan, yang menyebabkan kamu akan ditimpa oleh azab hari yang besar,” (QS Asy-Syu’ara 156).
 

Mukjizat lain dari Allah  SWT Unta yang muncul dari batu besar itu dapat mengeluarkan air susu yang melimpah sehingga memenuhi kebutuhan Kaum Tsamud yang mencapai sekalipun ribuan orang air Susu Unta betina tersebut terus mengalir 

Pada hari ketiga kemunculannya, Unta itu melahirkan seekor anak Unta akan tetapi hal tersebut justru membuat Kaum Tsamud yang membenci Nabi Saleh As dan tidak percaya kepada Allah SWT lantas membunuh induk Unta tersebut.

Unta Nabi Saleh AS mati dipanah oleh Mushadda bin Muharrij dan Gudar bin Salif dari kaum Tsamud dengan imbalan menikahi putri Pemuka Kaum Tsamud sehingga anak Unta tersebut kembali masuk ke dalam batu yang mengeluarkan Induk Unta Betina Allah

Akibat ingkar nya Kaum Tsamud Allah SWT menurunkan Mukjizat yang  lain yaitu berupa Azab bagi Tsamud

BACA JUGA:Inilah 7 Perbedaan Nabi dan Rasul. Apa Saja Ayo Simak.

Setelah Kaum Tsamud membunuh Unta Betina Allah SWT Nabi Saleh berdoa kepada Allah SWT agar menurunkan azab bagi Kaum Tsamud yang ingkar akan ajaran Nabi Saleh AS untuk menyembah Allah SWT dan meninggalkan berhala-berhala adapun azab yang Allah timpakan kepada Kaum Tsamud yaitu berupa batu yang jatuh dari langit menimpa kaum Tsamud 

Sebagaimana Allah SWT abadikan dalam Al-Qur'an Surat Hud ayat 65-66 berbunyi: 

فَعَقَرُوْهَا فَقَالَ تَمَتَّعُوْا فِيْ دَارِكُمْ ثَلٰثَةَ اَيَّامٍ ۗذٰلِكَ وَعْدٌ غَيْرُ مَكْذُوْبٍ 

فَلَمَّا جَاۤءَ اَمْرُنَا نَجَّيْنَا صٰلِحًا وَّالَّذِيْنَ اٰمَنُوْا مَعَهٗ بِرَحْمَةٍ مِّنَّا وَمِنْ خِزْيِ يَوْمِىِٕذٍ ۗاِنَّ رَبَّكَ هُوَ الْقَوِيُّ الْعَزِيْزُ

Artinya:

"Mereka membunuh unta itu, maka berkata Saleh: Bersukarialah kamu sekalian di rumahmu selama tiga hari, itu adalah janji yang tidak dapat didustakan."

"Maka tatkala datang azab Kami, Kami selamatkan Saleh beserta orang-orang yang beriman bersama dia dengan rahmat dari Kami dan dari kehinaan di hari itu. Sesungguhnya Tuhanmu Dia-Lah yang Maha Kuat lagi Maha Perkasa." ( QS Hud 65-66)

Setelah itu, azab dari Allah datang satu per satu bagi kaum Tsamud. Allah menjatuhkan batu dari langit, sehingga menimpa rumah dan kaum Tsamud. Mereka semuanya binasa.

"Seolah-olah mereka belum pernah berdiam di tempat itu. Ingatlah, sesungguhnya kaum Tsamud mengingkari Tuhan mereka. Ingatlah, kebinasaanlah bagi kaum Tsamud."

Demikian mukjizat Nabi Saleh dari Allah SWT. Mari kita mencontoh Nabi Saleh yang taat dan percaya kepada Allah, bukan kaum Tsamud yang ingkar. (djl)

Sumber: