Bagaimana Pandangan Islam Orang Mandi Saat Puasa Dengan Tujuan Ingin Menyegarkan Badan. ? Ini Penjelasannya.!!

Bagaimana Pandangan Islam Orang Mandi Saat Puasa Dengan Tujuan Ingin Menyegarkan Badan. ? Ini Penjelasannya.!!

Kajian Islam. Boleh mandi di siang hari untuk menyegarkan badan meskipun sedang berpuasa --

Kajian Islam. Radar Seluma. Disway.id -Bulan suci Ramadhan tentu begitu berat untuk dilaksanakan betapa tidak ketika berpuasa kita harus menahan rasa lapar dan haus serta hal-hal yang dapat membatalkan puasa seperti tidak boleh melakukan hubungan suami istri di siang hari jangan kan berhubungan secara langsung secara pikiran saja hingga menimbulkan syahwat pun dilarang.

Kalau hal ini bukan karena perintah Allah SWT dengan di dasari iman tentu sangat lah berat akan tetapi ketika kita lakukan dengan rasa cinta dan ikhlas illahi taala dengan ganjaran pahala yang berlipat ganda maka semua terasa ringan bahkan suatu kegembiraan dan kebahagiaan sebab kita membayangkan akan berjumpa dan bertemu dengan Allah SWT dan Nabi Muhammad Rasulullah SAW.
 
 
Adapun yang mendasari perintah puasa Ramadhan yaitu berdasarkan perintah Allah SWT dalam Al-Qur'an Surat Al-Baqarah ayat 183 yang berbunyi: 
 
يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُوْنَۙ ۝١٨٣
Artinya: 
 
"Wahai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa" 
 

Kajian Islam. Diperbolehkan mengguyurkan air ke kepada saat sedang berpuasa
 
Namun terkadang dalam melaksanakan ibadah puasa Ramadhan ada hal-hal yang menimbulkan sebuah pertanyaan bagi umat Muslim dalam hal melakukan sesuatu sebab di khawatir kan akan dapat membatalkan ibadah puasa Ramadhan yang dilakukan.
Salah satunya mandi di siang hari ketika berpuasa dengan tujuan untuk menyegarkan badan sehingga dapat membuat tubuh lebih segar dalam menjalankan ibadah puasa Ramadhan nya maka bagaimana hal tersebut dalam pandangan Islam.
Dalam Sebuah Hadist dijelaskan hal tersebut di perbolehkan dan tidak membatalkan puasa, sebab Rasulullah SAW menggugurkan air ke kepalanya sedang Rasulullah dalam keadaan berpuasa. 
Hal ini dikuatkan oleh sebuah Hadist yang diriwayatkan dari Abu Bakr, beliau berkata yang berbunyi: 
 
لَقَدْ رَأَيْتُ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- بِالْعَرْجِ يَصُبُّ عَلَى رَأْسِهِ الْمَاءَ وَهُوَ صَائِمٌ مِنَ الْعَطَشِ أَوْ مِنَ الْحَرِّ
Artinya: 
 
“Sungguh, aku melihat Rasulullah SAW  di Al ‘Aroj mengguyur kepalanya -karena keadaan yang sangat haus atau sangat terik dengan air sedangkan beliau dalam keadaan berpuasa. ” (HR. Abu Daud)
 
 
Maka dari Hadist tersebut dapat kita maknai bahwa mandi di siang hari ketika berpuasa diperbolehkan.
 
Demikianlah semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita dalam hal menjalankan ibadah puasa Ramadhan sehingga apa yang kita lakukan dalam hal ibadah harus di dasari dengan ilmu sehingga ibadah yang kita lakukan lebih bermakna dan berkualitas. (djl) 
 

Sumber: