Tuju Objek Wisata Manna Bengkulu SelatanLayak Dikujungi Mempunyai Daya Tarik Sendiri Bagi Wisatawan

Tuju Objek Wisata Manna Bengkulu SelatanLayak Dikujungi Mempunyai Daya Tarik Sendiri Bagi Wisatawan

Objek wisata Bengkulu--

 

Pantai Duayu Sekundang atau sering disebut Pantai Pasar Bawah merupakan Objek wisata Bengkulu andalan daerah Bengkulu Selatan yang terletak dalam wilayah kota Manna kurang lebih dengan jarak tempuh 3 km dari pusat kota, di sekitar pantai  mempunyai daya tarik sendiri bagi wisatawan dimana

orang-orang beranggapan kalo belum ke pantai pasar bawah maka belum sampai di Kota Manna.

 

               

Meriam "Honisuit" adalah peninggalan Inggris pada masa pendudukan di Kota Manna Bengkulu Selatan jenis meriam ini hanya satu satunya dan terbesar yang ada di Indonesia, panjang laras 3,4 m, panjang .dapur mesiu 2,5 m. diameter 90cm.

Meriam Manna ini pertama ditemukan di sekitar kelurahan Belakang Bedung, Kabupaten Bengkulu Selatan.Sekarang Meriam ini diletakan di tugu bundaran depan kantor Bupati Kabupaten Bengkulu Selatan Provinsi Bengkulu.

Pada tahun 1942 Meriam Honisuit dibawa tentara Jepang ke Kota Manna melalui daerah Pagar Alam di tempatkan di kelurahan Belakang Gedung DPRD Kabupaten Bengkulu Selatan Untuk Pertahana Pantai Pasukan Jepang.

Pada tangal 10 januari 2008, Meriam Honisuit atas kesepakatan Dinas Purbakala Provinsi Jambi dan Pemda Bengkulu Selatan dipindahkan oleh "KODIM 0408/BS" ke Bundaran Jalan Raya Padang Panjang Manna Bengkulu Selatan, dimana karakteristik Meriam Honisuit buatan Inggris, Peninggalan Zaman Jepang, Kaliber 19.01 Cm, Berat Keseluruhan 2.2 ton, Nomor Laras B.L.O-IN-VIRO.

 

BACA JUGA:Catat Tanggal Cair THR ASN Semua Golongan! Golongan III A Dapat Rp 5.2 Juta?

Objek wisata Bendungan air Nipis, merupakan anak dari Bendungan Sungai Nipis, yaitu Bendungan Babatan. Objek wisata Bendungan air Nipis adalah sebuah bendungan yang dijadikan tempat kunjungan wisata di Bengkulu Selatan, Bendungan yang dibangun tahun 1986 ini menjadi sasaran kunjungan wisatawan lokal dan memiliki potensi pariwisata yang baik dengan pengolahan yang baik memiliki fungsi utamanya sebagai irigasi bagi sawah-sawah.

 

 

Sungai air Manna 

Sumber: wisata bengkulu selatan