Keutamaan Buah Kurma Hingga Di Sunnahkan Ketika Sahur dan Berbuka, Bahkan Allah Abadikan Kurma Dalam Al-Qur'an

Keutamaan Buah Kurma Hingga Di Sunnahkan Ketika Sahur dan Berbuka, Bahkan Allah Abadikan Kurma Dalam Al-Qur'an

Kajian Islam. Rasulullah setiap berbuka dan Sahur dengan Kurma--

 

Kajian Islam. Radar Seluma. Disway.id. Dalam menjalan ibadah puasa Ramadhan ada banyak hal yang di Disunnahkan ketika melaksanakan Sahur dan berbuka puasa seperti yang sering di contoh  dianjurkan oleh Nabi Muhammad Rasulullah SAW yanitu memakan Kurma dengan tujuan agar dapat menambah energi agar kuat saat berpuasa seharian sebab Kurma banyak mengandung vitamin selain itu dengan memakan Kurma terdapat keberkahan di dalamnya.

Sebagian besar umat muslim akan sahur dengan mengonsumsi berbagai makanan dan minuman. Namun sebenarnya ada satu makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi ketika sahur, bahkan Rasulullah SAW menyebut makanan ini adalah yang terbaik.


Kajian Islam. Sunnah Sahur dan Berbuka dengan Kurma

Makanan Sahur Terbaik Ala Rasulullah SAW disebutkan sebuah Hadits dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, Rasulullah SAW bersabda yang berbunyi:

نِعْمَ سَحُورُ الْمُؤْمِنِ التَّمْرُ

Artinya: "Sebaik-baik sahurnya seorang mukmin adalah Tamar (kurma kering)." (HR Abu Dawud)

Adapun yang terkandung dari Hadits di atas dapat kita simpulkan sebagai berikut:

Bahwa kita disunnahkan juga untuk  sahur dengan kurma tidak hanya di waktu berbuka saja adapun buah Kurma adalah buah yang di berkahi dengan demikian maka dengan memakan buah kurma merupakan suatu keberkahan dan merupakan sebuah keutamaan.

BACA JUGA:Dasar Hukum Puasa Ramadan Berdasarkan Al Quran dan Hadits. Berikut Penjelasannya.

Adapun di Menjauhkannya berbuka dengan buah kurma berdasarkan sebuah Hadits yang mana disebutkan dalam Hadits yang diriwayat oleh Abu Dawud, Rasulullah SAW bersabda yang artinya:

"Apabila salah seorang di antara kalian berbuka, maka berbukalah dengan kurma , sebab kurma itu mendatangkan berkah. Namun apabila tidak ada, berbukalah dengan air karena air itu bersih."

Selain di Sunnahkan memakan kurma saat sahur dan berbuka di sebutkan oleh Rasulullah SAW bahwa kurma adalah makanan yang membawa keberkahan, sebagai mana di jelaskan dalam Al-Qur'an dalam Surat Maryam ayat 25 yang berbunyi:

وَهُزِّىٓ إِلَيْكِ بِجِذْعِ ٱلنَّخْلَةِ تُسَٰقِطْ عَلَيْكِ رُطَبًا جَنِيًّا

Artinya: 

"Dan goyangkanlah pangkal pohon kurma itu ke arahmu, niscaya pohon itu akan menggugurkan buah kurma yang masak kepadamu." (QS Maryam 25)

Dalam Surat Al Syuara ayat 148 juga dijelaskan yang berbunyi:

وَزُرُوعٍ وَنَخْلٍ طَلْعُهَا هَضِيمٌ

Artinya:

"Dan tanam tanaman serta pohon pohon kurma yang mayangnya lembut." (Al-Syuara 148)

BACA JUGA:Sambut Ramadhan Dengan Suka Cita. Berikut Tips Amalan Menyambut Ramadhan

Begitu Istimewanya dan berkahnya buah kurma hingga Allah SWT abadikan di dalam Al-Qur'an dalam Surat An-Nahld ayat 67 yang berbunyi:

وَمِنْ ثَمَرَاتِ النَّخِيلِ وَالْأَعْنَابِ تَتَّخِذُونَ مِنْهُ سَكَرًا وَرِزْقًا حَسَنًا ۗ إِنَّ فِي ذَٰلِكَ لَآيَةً لِقَوْمٍ يَعْقِلُونَ

Artinya: 

"Dan dari buah kurma dan anggur, kamu buat minuman yang memabukkan dan rezeki yang baik. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Allah) bagi orang yang memikirkan.

Demikianlah begitu istimewa dan berkahnya buah Kurma hingga diabadikan dalam Al-Qur'an hingga di Sunnahkan memakannya di saat Sahur dan berbuka. Mudah-mudahan dengan mengikuti Sunnah Rasulullah kita akan mendapatkan keberkahan dari Allah SWT. Aamiin.(djl)

Sumber: