Sambut Ramadhan Dengan Suka Cita. Berikut Tips Amalan Menyambut Ramadhan

Sambut Ramadhan Dengan Suka Cita. Berikut Tips Amalan Menyambut Ramadhan

Kajian Islam. Tips menyambut bulan suci Ramadhan --

Kajian Islam. Radar Selum. Disway.id -Bulan suci Ramadhan merupakan bulan yang sangat ditunggu-tunggu oleh umat Muslim seluruh dunia sebab bulan suci Ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah dan Rahmat serta ampunan di mana pahala dilipatgandakan oleh Allah SWT setan-setan di belenggu. 

Di bulan suci Ramadhan, umat Islam yang mampu diwajibkan menjalani ibadah puasa selama satu bulan penuh. Menahan lapar dan hawa nafsu sejak matahari terbit hingga tenggelam, adapun perintah puasa Ramadhan sebagaimana firman Allah SWT dalam Al-Qur'an Surat Al-Baqarah ayat 183 berbunyi:

.يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُوْنَۙ ۝١٨٣

Artinya:

Wahai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa. (QS Al-Baqarah 183)

Dalam hal menyebut bulan suci Ramadhan ada 7 Tips yang harus dilakukan agar Puasa Ramadhan kita betul sempurna dan pada akhirnya tercapailah tujuan dari puasa Ramadhan yaitu menjadi orang yang bertaqwa 

BACA JUGA:Ini Ancaman Allah SWT Bagi Orang Yang Tidak Mau Bersedekah, Berikut Penjelasannya..!!

Pertama:

Mempersiapkan niat

Dalam segala sesuatu hal segala sesuatu tergantung dari niat begitu juga dengan puasa harus kita awali dengan niat yang tulus ikhlas semata-mata mengharapkan ridho Allah SWT. Sebagaimana Hadits Rasulullah SAW Dalam haditsnya, Rasulullah SAW menyebut puasa tanpa niat di malam harinya dianggap tidak sah.

مَنْ لَمْ يُبَيِّتْ الصِّيَامَ قَبْلَ طُلُوعِ الْفَجْرِ فَلَا صِيَامَ لَهُ

Artinya: "Barangsiapa yang belum berniat (untuk puasa) di malam hari sebelum terbitnya fajar maka tidak ada puasa baginya." (HR Ad-Daru Quthni dan Al- Baihaqi).

Adapun niat puasa Ramadhan yang sering kita lafadz kan adalah sebagai berikut

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانِ هذِهِ السَّنَةِ لِلهِ تَعَالَى

Artinya: 

"Aku berniat puasa esok hari untuk menunaikan fardhu di bulan Ramadhan tahun ini, karena Allah ta'ala."

Adapun niat puasa boleh kita lafadz kan sekaligus saat sahur pertama boleh juga setiap kita makan sahur

Kedua:

Ibadah Sunnah 

Dalam sebuah riwayat 
Rasulullah SAW dalam menyambut Ramadhan melakukan ibadah Sunnah diantaranya melakukan puasa di bulan Syaban, umat Muslim sangat dianjurkan untuk menjalankan ibadah puasa sebelum malam Nisfu Syaban, yang bisa dilakukan berbarengan dengan puasa Ayyamul Bidh pada tanggal 13, 14, dan 15 bulan Syaban. Selain puasa Sunnah, kita umat Islam juga bisa memperbanyak salat Sunnah sebelum Ramadan.

BACA JUGA:Ini 5 Jenis Sedekah Yang Tidak Diterima Allah SWT, Semoga Kita Terhindar.

Ketiga:

Saling bermaaf-maafan

Manusia tempatnya dosa dan salah tentunya dalam hidup bermasyarakat banyak kesalahan dan kekhilafan baik sengaja maupun tidak disengaja besar maupun kecil maka kita sebagai umat Muslim menjelang ibadah puasa di harapkan saling maaf-memaafkan agar puasa Ramadhan kita lebih suci dan berkah


Keempat:

Ziarah kubur

Menjelang bulan suci Ramadhan kita umat muslim di anjurkan untuk berziarah kemakan kedua orang tua yang sudah meninggal dunia atau keluarga lain dan hal ini sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW sebab dengan kita berziarah kubur akan mengingatkan kita kepada kematian sehingga puasa yang kita lakukan akan lebih khusuk selain itu kita juga di anjurkan untuk mengirimkan doa kepada orang tua kita yang sudah meninggal dunia atau kepada keluarga kita yang sudah terlebih dahulu mendahului kita.

Kelima:

Membersihkan diri


Umat Islam juga disunnahkan untuk mandi keramas satu hari sebelum memasuki bulan Ramadan. Tujuannya adalah untuk membersihkan diri sebelum memasuki bulan suci.

Selain membersihkan diri, umat Islam juga dianjurkan membersihkan tempat ibadah di rumat, alat salat, maupun tempat ibadah umum seperti musala dan masjid.

Keenam:

Memperbanyak doa dan zikir

Bulan suci Ramadan menjadi momentum untuk kita lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT. Akan lebih baik jika bulan suci ini disambut dengan memperbanyak doa dan zikir sehingga kita akan merasakan kekhusukan dalam menjalankan ibadah puasa Ramadhan selam sebulan penuh dengan suka cita 

Ketujuh:

Membayar utang puasa


Puasa pada bulan suci Ramadan merupakan wajib hukumnya bagi setiap umat Muslim laki-laki maupun perempuan yang sudah baligh atau berakal. Namun terkadang kita ada hutang puasa tahun sebelumnya akibat berbagai hal bisa jadi karena sakit dll terutama kaum perempuan akibat Haid sehingga memiliki hutang puasa maka sebelum bulan puasa Ramadhan tiba maka hutang puasa tersebut wajib untuk di bayar terlebih dahulu

Itulah Tips menyambut bulan suci Ramadhan mudah-mudahan kita dalam menyambut bulan suci Ramadhan 1445 H kali ini dilimpahkan kesehatan baik lahir maupun batin di mudah-mudahan Rizki sehingga pada akhirnya kita menjadi insan yang di harapkan oleh Allah SWT yaitu menjadi insan yang bertaqwa. (djl

 

Sumber: