Butuh Waktu Lama, Begini Proses Pengolahan Kolang-Kaling agar Aman Dikonsumsi !

Butuh Waktu Lama, Begini Proses Pengolahan Kolang-Kaling agar Aman Dikonsumsi !

cara pengolahan kolang kaling--

 

 

Radar Seluma.Disway.Id - Kolang-kaling, buah yang sering dikonsumsi saat bulan puasa Ramadan, memerlukan proses panjang agar dapat dikonsumsi dengan aman. Berikut adalah tahapan pengolahan kolang-kaling agar aman untuk dikonsumsi:

BACA JUGA:Waktu Berbaik Berolahraga Selama Bulan Puasa malam hari Setelah Berbuka Puasa dan Sore Hari Menjelang Berbuka

 

 

Pemisahan dari Tangkai Kolang-kaling yang baru dipetik dari pohon harus dipisahkan terlebih dahulu dari tangkainya menggunakan golok atau parang tajam. Karena termasuk dalam jenis palmae, buah pohon aren ini diselimuti kulit yang cukup keras seperti kelapa, meski bentuknya jauh lebih kecil.

BACA JUGA:Manfaat Kolang-Kaling Bagi Kesehatan Tubuh

 

 

Perebusan Sebelum bisa diolah lebih lanjut dan dikonsumsi, kolang-kaling perlu direbus terlebih dahulu. Proses perebusan dilakukan dengan tambahan daun pandan dan daun jeruk untuk memberi aroma pada buah ini. Setelah direbus, kolang-kaling perlu dibersihkan hingga terasa kesat di tangan.

 

Pemilihan Kolang-Kaling yang Tepat Saat membeli kolang-kaling, disarankan untuk memilih kolang-kaling yang masih muda dengan tekstur yang masih kenyal. Kolang-kaling muda memiliki warna yang bening cenderung transparan, dan proses pemasakan kolang-kaling muda juga lebih cepat.

 

Sumber: zeni