Bercinta Malam Hari, Mandi Wajib Setelah Azan Subuh Apakah Sah Puasa Ramadhan Nya? Ini Penjelasanya.

Bercinta Malam Hari, Mandi Wajib Setelah Azan Subuh Apakah Sah Puasa Ramadhan Nya? Ini Penjelasanya.

Kajian Islam. Hukum mandi Nujub setelah adzan Subuh saat Puasa Ramadhan --

Kajian Islam. Radar Seluma. Disway.id -Sepasang suami istri bercinta atau berhubungan Suami Istri di malam hari tentunya wajib hukumnya melakukan mandi wajib, sebab mandi wajib adalah salah satu cara untuk menghilangkan hadast besar setelah orang dalam keadaan junub. 
Lalu bagaimana hukum berpuasa bagi orang yang belum mandi wajib atau melakukan mandi wajib setelah azan Subuh atau sesudah masuk waktu puasa ? apakah puasanya tetap sah atau malah batal?
Orang dalam keadaan junub berarti mengalami satu dari dua keadaan berikut. Pertama, mengeluarkan air mani baik secara sengaja maupun tidak sengaja. Kedua, melakukan jimak dengan istri, baik itu keluar mani ataupun tidak.
 

Kajian Islam. Puasa Ramadhan Sah walaupun mandi Nujub setelah adzan Subuh 
 
Di bulan Ramadan, banyak umat islam yang mempertanyakan perkara ini. Apakah masih sah melanjutkan puasa apabila belum mandi wajib? Simak penjelasan di bawah ini.
 
Allah SWT menjawab pertanyaan banyak umat perkara yang masih belum memahami hal tersebut dalam Al-Qur'an Surat Al-Baqarah ayat 187 yang berbunyi: 
 
اُحِلَّ لَكُمْ لَيْلَةَ الصِّيَامِ الرَّفَثُ اِلٰى نِسَاۤىِٕكُمْ ۗ هُنَّ لِبَاسٌ لَّكُمْ وَاَنْتُمْ لِبَاسٌ لَّهُنَّ ۗ عَلِمَ اللّٰهُ اَنَّكُمْ كُنْتُمْ تَخْتَانُوْنَ اَنْفُسَكُمْ فَتَابَ عَلَيْكُمْ وَعَفَا عَنْكُمْ ۚ فَالْـٰٔنَ بَاشِرُوْهُنَّ وَابْتَغُوْا مَا كَتَبَ اللّٰهُ لَكُمْ ۗ وَكُلُوْا وَاشْرَبُوْا حَتّٰى يَتَبَيَّنَ لَكُمُ الْخَيْطُ الْاَبْيَضُ مِنَ الْخَيْطِ الْاَسْوَدِ مِنَ الْفَجْرِۖ ثُمَّ اَتِمُّوا الصِّيَامَ اِلَى الَّيْلِۚ وَلَا تُبَاشِرُوْهُنَّ وَاَنْتُمْ عٰكِفُوْنَۙ فِى الْمَسٰجِدِ ۗ تِلْكَ حُدُوْدُ اللّٰهِ فَلَا تَقْرَبُوْهَاۗ كَذٰلِكَ يُبَيِّنُ اللّٰهُ اٰيٰتِهٖ لِلنَّاسِ لَعَلَّهُمْ يَتَّقُوْنَ
Artinya: 
"Dihalalkan bagimu pada malam hari puasa bercampur dengan istrimu. Mereka adalah pakaian bagimu, dan kamu adalah pakaian bagi mereka. Allah mengetahui bahwa kamu tidak dapat menahan dirimu sendiri, tetapi Dia menerima tobatmu dan memaafkan kamu. Maka sekarang campurilah mereka dan carilah apa yang telah ditetapkan Allah bagimu. Makan dan minumlah hingga jelas bagimu (perbedaan) antara benang putih dan benang hitam, yaitu fajar. Kemudian sempurnakanlah puasa sampai (datang) malam. Tetapi jangan kamu campuri mereka, ketika kamu beriktikaf dalam Masjid. Itulah ketentuan Allah, maka janganlah kamu mendekatinya. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepada manusia, agar mereka bertakwa"
 
 
Lalu bagaimana seorang yang berhubungan suami istri di malam hari pada bulan puasa Ramadhan lalu ia lupa untuk mandi wajib atau di sengaja melakukan mandi wajib setelah azan Subuh, apakah Sah puasa Ramadhan nya jawaban nya Sah sebab mandi nujub bukan termasuk Rukun puasa.
Hal ini berdasarkan sebuah Hadits yang berbunyi:
 
يَصِحُّ مِنْ الْجُنُبِ أَدَاءُ الصَّوْمِ بِأَنْ يُصْبِحَ صَائِمًا قَبْل أَنْ يَغْتَسِل فَإِنَّ عَائِشَةَ وَأُمَّ سَلَمَةَ قَالَتَا : نَشْهَدُ عَلَى رَسُول اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أِنْ كَانَ لِيُصْبِحُ جُنُبًا مِنْ غَيْرِ احْتِلاَمٍ ثُمَّ يَغْتَسِل ثُمَّ يَصُومُ
Artinya: 
"Berpuasa hukumnya sah bagi orang junub yang memasuki subuh sebelum melakukan mandi besar karena Sayyidah Aisyah dan Ummu Salamah Radhiyallahu 'anhuma berkata :" Sesungguhnya Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam memasuki waktu subuh dalam keadaan junub karena jima' dengan istrinya, kemudian ia mandi dan berpuasa" (Hadits Riwayat Bukhari)
 
 
Akan tetapi perlu di catat dan menjadi perhatian kita sebagai umat Muslim meskipun meskipun mandi wajib tidak menghalangi ibadah puasa Ramadhan kita namun perlu di ketahui bahwa kebersihan merupakan hal utama dalam ajaran Islam maka alangkah baik nya jika kita mandi wajib sebelum azan subuh agar kita dapat melaksanakan sholat Subuh tepat pada waktunya.
 
Itulah secercah ilmu pengetahuan bagi kita umat Muslim yang masih belum mengetahui atau kembali saling mengingatkan sehat menasehati berkenaan mandi wajib setelah pasangan suami istri melakukan hubungan intim atau mungkin di sebabkan hal lain sehingga mewajibkan kita untuk mandi wajib.
Atau mungkin selama ini ragu untuk melakukan hubungan suami istri selama bulan suci Ramadhan.
Jadi kesimpulannya bahwa berhubungan suami istri pada bulan suci Ramadhan di perbolehkan namun pada malam hari sebelum waktu imsak namun seyogyanya lakukanlah mandi wajib sebelum masuk waktu imsak agar dapat melakukan sholat Subuh tepat pada waktunya. Semoga bermanfaat. (djl
 

Sumber: