Waduh Gak Bahaya Nih? Pilot dan Kopilot Batik Air Tertidur Saat Penerbangan Kendari-Jakarta 25 Januari 2024

Waduh Gak Bahaya Nih?  Pilot dan Kopilot Batik Air Tertidur Saat Penerbangan Kendari-Jakarta 25 Januari 2024

Ilustrasi, Pilot Batik Air dilaporkan tidur saat terbang --

 

Karenanya, Pilot kemudian mengambil alih tugas kopilot sebagai pilot monitoring (PM) sekalian menjalankan tugas utamanya sebagai pilot flying (PF).

 

Setibanya di Kendari, Sulawesi Tenggara, ATC memberitahu bahwa cuacanya di bawah standar dan bandara juga belum buka. Lalu, pesawat memutuskan bertahan selama 30 menit di udara. 

 

Tepat pada pukul 07.11 waktu lokal, pesawat itu mendarat di Kendari. Kedua pilot kemudian makan mie instan kemasan gelas (cup) di kokpit.

 

BACA JUGA:Segudang Amalan Bulan Suci Ramadhan Yang Banyak Datangkan Banyak Pahala. Yuk Amalkan..??

 

Pukul 00.05 UTC atau 08.05 waktu lokal, pesawat itu kembali terbang dari Kendari menuju Jakarta atau return. Penerbangan itu bernomor BTK6723. 

Namun dalam penerbangan kali ini, pilot bertindak sebagai pilot monitoring (PM) dan kopilot yang tadi sudah tidur bertindak sebagai pilot flying (PF).

 

Total penumpang dalam penerbangan Kendari-Jakarta berjumlah 153 orang. Di udara, pramugari juga memberi makanan ringan ke pilot dan kopilot. Pukul 00.37 UTC atau 08.37 waktu lokal, kedua pilot itu melepas headset mereka dan pelantang (loudspeaker) kokpit dikencangkan volumenya.

 

"PIC (pilot) minta izin ke SIC (kopilot) untuk istirahat dan izin diberikan. Beberapa detik kemudian, PIC tertidur dan SIC kemudian mengambil alih tugas PIC sebagai PM (pilot monitoring)," tulis KNKT.

Sumber: