Misteri Kota Saranjana, Mau Tau yang terbaru, ada di Pulau Kalimantan

Misteri Kota Saranjana, Mau Tau yang terbaru,  ada di Pulau Kalimantan

Misteri Didalam Kota Saranjana atau Disebut Kota Gaib--

Kemudian versi ketiga lebih tegas menyebutkan bahwa lokasi wilayah Saranjana ada di sebuah bukit kecil yang terletak di Desa Oka-oka Kecamatan Pulau Laut Kelautan, Kalimantan Selatan. Lokasinya berbatasan langsung dengan laut sehingga cocok dijadikan destinasi wisata. Hanya saja, tempat ini dianggap angker oleh penduduk sekitar.

BACA JUGA:Higgs Domino Island, Cara Kembalikan Tombol Kirim! Terbukti Kembali..Pengguna HDI Wajib Simak Ini!

BACA JUGA:Tari Andun Tumbuh Minat Pelajar Terhadap Budaya

 

 Legenda Gunung Sebatung dikaitkan dengan Saranjana

 

Ada juga beberapa orang berpendapat, jika kota gaib bernama Saranjana terkait  dengan cerita legenda penciptaan Gunung Sebatung di Kalimantan. Dahulu wilayah Pulau Laut dikuasai Kerjaan Halimun yang dipimpin Raja Pakurindang.

Sejarawan ULM Mansyur menceritakan kisah legenda masyarakat terkait penciptaan Gunung Sebatung itu. Dikisahkan bahwa Raja Pakurindang memiliki dua anak, Sambu Ranjana dan Sambu Batung yang sering bertengkar.

Sang raja pun ingin menyudahi pertikaian kedua putranya dengan membagi wilayah kekuasaan. Sambu Batung akhirnya menguasai alam manusia yang kemudian menjelma menjadi Gunung Sebatung.

Sementara Sambu Ranjana mengambil jalan lain. Dia tak ingin ikut bersama saudaranya sehingga kemudian membangun Kota Saranjana di alam gaib.

Itu saja beberapa fakta-fakta yang dapat Radar Seluma,disway,id rangkumkan tentang kota saranjana.

Sumber: