Strategi Pemupukan untuk Membuat Kelapa Sawit Berbuah Lebat

 Strategi Pemupukan untuk Membuat Kelapa Sawit Berbuah Lebat

Ilustrasi perkebunan sawit.--

 

 

 

Radar Seluma.Disway.Id, - Pemupukan yang tepat merupakan kunci utama dalam memastikan kelapa sawit menghasilkan buah secara optimal. Berbagai jenis pupuk telah terbukti efektif dalam merangsang pertumbuhan tanaman dan pembentukan buah yang lebat. Di antara jenis pupuk yang penting untuk dipertimbangkan termasuk pupuk NPK, pupuk kalium, dan urea.

 

BACA JUGA: Rabu 6 Desember 2023, Firli Bahuri Bakal Diperiksa Lagi

BACA JUGA:Puskesmas dan Peran Vitalnya dalam Pelayanan Kesehatan Primer, Pencegahan Penyakit Menular

 

Pupuk NPK dengan formulasi yang tepat, seperti pupuk NPK mutiara 16-16-16, memberikan nutrisi esensial seperti nitrogen, fosfor, dan kalium untuk tanaman kelapa sawit. Pupuk ini berperan penting dalam pembentukan buah yang lebat dan berkualitas. Selanjutnya, pupuk kalium memiliki peran krusial dalam proses pembentukan buah yang lebat dan berbobot. Sumber kalium organik seperti sabut kelapa dan krokot juga dapat digunakan untuk memperbaiki kualitas dan jumlah buah.

 

Selain itu, pupuk urea dapat merangsang pertumbuhan tunas baru pada tanaman kelapa sawit, yang berkontribusi pada produksi buah yang lebih baik. Pemberian pupuk pada awal musim hujan juga penting untuk memberikan nutrisi yang cukup saat tanaman memasuki masa pertumbuhan aktif dan pembentukan tandan buah.

 

Untuk memastikan kelapa sawit berbuah lebat, pemupukan yang tepat sangat penting. 

 

Sumber: