Bimbingan Penilaian Mandiri CPPOB IRTP bagi Pelaku Usaha di Bengkulu Selatan

Bimbingan Penilaian Mandiri CPPOB IRTP bagi Pelaku Usaha di Bengkulu Selatan

Kepala Dinas Kesehatan Bengkulu Selatan Didi Ruslan M.Si Membuka Bimbingan Teknis Penilaian Mandiri cara produksi Pangan Olahan Yang Baik (CPPOB) Bagi Pelaku Usaha di Bengkulu Selatan--

 

 

BENGKULU SELATAN, Radar Seluma.Disway.Id - Dalam rangka meningkatkan kepedulian keamanan pangan pelaku usaha, agar dapat menerapkan Cara Produksi Pangan Olahan yang Baik bagi Industri Rumah Tangga Pangan (CPPOB-IRTP) sesuai dengan ketentuan, Dinas Kesehatan Kabupaten Bengkulu Selatan, melaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis Penilaian Mandiri CPPOB IRTP bagi pelaku usaha IRTP  di Aula Waterpar, Juma't (1/12/2023). Yang mana kegiatan dibuka oleh Kepala Dinas Kesehatan, Bengkulu Selatan, Didi Ruslan M.Si.

 

BACA JUGA:Rutinitas Pagi Wajib di Lakukan Sebelum Jam 9 Pagi Menikmati Sinar Matahari Berdampak Positif Bagi Kesehatan

 

"Pentingnya jaminan keamanan, mutu dan gizi pangan. Pelaku usaha IRTP diharapkan mampu melakukan penilaian mandiri atau self assessment terhadap usahanya sehingga dapat mengidentifikasi elemen-elemen manakah yang belum sesuai dengan kaidah CPPOB dan melakukan perbaikan berkesinambungan dalam rangka menjamin keamanan dan mutu pangan yang dihasilkan,"ungkap Didi Ruslan.

 

Industri Rumah Tangga Pangan (IRTP) memiliki peranan penting dalam sistem keamanan pangan di Indonesia. Pada umumnya IRTP merupakan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dengan yang banyak tersebar di seluruh pelosok Indonesia. Mengingat potensi ekonomi yang sangat strategis serta potensi risiko produk maka perlu diselaraskan antara pertumbuhan IRTP yang cepat dengan peningkatan keamanan dan mutu produk.

 

"Tujuan Kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kepedulian keamanan pangan pelaku usaha agar dapat menerapkan CPPOB-IRTP sesuai dengan ketentuan dari  narasumber Dinas Kesehatan,"gumam Didi Ruslan.

 

Ia menyebut sesuai dengan kaidah CPPOB IRT dimaksut yakni melakukan perbaikan berkesinambungan dalam rangka menjamin keamanan  dan mutu pangan yang dihasilkan.

 

Sumber: