Anda pencinta kopi? Kopi Tutuk Lesung, Minuman Khas Bengkulu yang wajib dicoba

Anda pencinta kopi? Kopi Tutuk Lesung, Minuman Khas Bengkulu yang wajib dicoba

kopi tutuk lesung,minuman kopi khas bengkulu--

 

 

Radar seluma.com - Di pedalaman Bengkulu, tersembunyi rahasia minuman kopi yang begitu unik dan lezat: Kopi Tutuk Lesung. Minuman khas ini telah menjadi salah satu warisan budaya dan cita rasa yang membanggakan bagi masyarakat Bengkulu.

BACA JUGA:Hobi Wisata Kuliner? 10 Hidangan Khas Indonesia yang wajib kamu coba

 

 

Kopi Tutuk Lesung memiliki proses pembuatan yang sangat khas. Pertama, biji kopi Bengkulu yang matang dipanggang dengan hati-hati untuk mencapai tingkat kematangan yang diinginkan. Proses pemanggangan ini adalah langkah pertama dalam menciptakan cita rasa yang unik dari kopi ini.

 

BACA JUGA:Jalankan Fungsi Legeslasi, Tiga Komisi DPRD Bengkulu Selatan Kumpulkan Mitra Kerja

 

Setelah pemanggangan, biji kopi harus didinginkan sebelum digiling. Langkah selanjutnya adalah menggiling biji kopi menggunakan alat tradisional yang disebut "lesung." Proses penggilingan ini memberikan bubuk kopi halus yang akan digunakan untuk menyeduh kopi.

 

 

Penyeduhan Kopi Tutuk Lesung biasanya menggunakan metode penyeduhan kopi tubruk. Bubuk kopi yang dihasilkan dari penggilingan dicampur dengan air mendidih dalam wadah khusus yang disebut "tutuk." Proses penyeduhan ini dapat disesuaikan sesuai dengan tingkat kepekatan yang diinginkan, menciptakan minuman yang kuat dan penuh rasa.

Sumber: zeni sesnita