Perdalam Ajaran Islam Sebagai Bekal Hidup, Maulid Bukan Rutinitas

 Perdalam Ajaran Islam Sebagai Bekal Hidup, Maulid Bukan Rutinitas

Sekda Bengkulu Selatan memberi sambutan di acara Maulid--

 

Ia menyebut Maulid Nabi merupakan salah satu hari penting bagi umat Islam. Peringatan Maulid Nabi bukan sebatas sebagai rutinitas atau seremonial belaka, melainkan terdapat nilai yang sangat penting di dalamnya untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. 

 

Peringatan terhadap kelahiran Nabi Muhammad saw ternyata bukanlah tradisi yang ada ketika Rasulullah saw masih hidup, sebagian sumber menjelaskan bahwa orang yang pertama kali menyelenggarakan peringatan Maulid Nabi adalah Malik Mudhaffar Abu Sa’id Kukburi. Sementara itu, sebagian pendapat lainnya menyebutkan bahwa Shalahuddin Al-Ayyubi yang pertama kali melakukan peringatan Maulid Nabi. Adapun versi lain menyebutkan bahwa kemunculan Maulid Nabi terjadi pada masa Dinasti Daulah Fathimiyah di Mesir pada akhir abad 4 Hijriyah atau 12 Masehi.

 

Maulid Nabi berasal dari dua kata bahasa Arab yakni Maulid dan Nabi, kata Maulid memiliki makna yang sama dengan kata milad yang berarti “lahir” atau “kelahiran”, dan Nabi yang dimaksud adalah Nabi Muhammmad SAW, dari pengertian tersebut dapat dimengerti bahwa Maulid Nabi sebagai kegiatan memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW yang dilakukan dengan mengenang kembali sejarah dan perjuangan Rasulullah SAW.

 

"Sangat banyak makna yang dapat diambil untuk dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari, misalnya sifat terpuji yang dimiliki oleh Nabi Muhammad SAW yakni shiddiq memiliki arti jujur, amanah yakni dapat dipercaya, tabligh diberikan kepada orang yang berhak menerima amanah, dan fathanah yang artinya teladan. Oleh karena itu, hal yang saat harus dilakukan oleh umat Islam adalah memperdalam ajaran Islam sebagai bekal,"pungkas Sukarni.(yes)

 

BACA JUGA: Menkoinfo Minta Dukungan Pengusaha Internet Perangi Judi Online, Sudah Blokir 201 Rekening

BACA JUGA:Wapres Tekan 4 Poin Ini, Memperkuat Ekonomi Syariah Berbasis Digital

Sumber: