Kalau Tambang Emas Dibuka, Tolong Pikirkan Keselamatan Warga! Harimau Makin Banyak Masuk Kampung

Kalau Tambang Emas Dibuka, Tolong Pikirkan Keselamatan Warga! Harimau Makin Banyak Masuk Kampung

Asisten I Pemerintah Seluma Riduan Sabirin--

 

 

PEMATANG AUR, Radar Seluma.Com, - Adanya penurunan status hutan lindung di Seluma, membuat investor emas kembali bersemangat. Dengan adanya penurunan status kawasan hutan lindung (HL) menjadi hutan Areal Penggunaan Lain (APL), pihak investor yakni PT Energi Swa Dinamika Muda (ESDM) bisa menyelesaikan proses Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL). Karena adanya perubahan sistem penambangan dari teknik underground, menjadi terbuka atau Open-pit mining.

 

BACA JUGA: Lahan Perkebunan di Dekat Pasar Kuliner Tais Terbakar! Warga dan Polisi DIbuat Sibuk

BACA JUGA: Gugat Pemda Seluma dan Tagih 10 Aset, Mantan Bupati Seluma Murman Effendi Ngaku Tak Dihargai!

 

Namun hal ini mendapat respond ari warga sekitar, Alin warga SAM, misalnya menyatakan bahwa warga sebenarnya tidak pernah menolak adanya ivestor atau pembangunan. Namun menurutnya, investor juga harus memikirkan keberadaan warga. 

Baik itu dari segi keaanan warga maupun kesejahteraan warga.

Dikatakannya, dari segi keamanan warga, dengan membuka tambang eas di daerah hutan indung artinya mengganggu habitat disana. Sehinga hewan bus seperti harimau juga terganggu. Maka pihak investor harus memikirkan hal tersebut.

''Jangan nanti semakin banyak harimau turun ke kampung,''jelasnya.

 

Demikian juga dengan kesejahteraan warga, harus dipikirkan. Apakah merekrut pegawai dari warg sekitar. ''Misalnya mempekerjakan mereka. Jangan hanya jadi buruh kasar yang digaji harian. Tapi jadi karyawan,''tegasnya.

 

Sumber: