Paling Murah, Harga TBS Sawit di Seluma, di Wilayah Talo Cuma 1.550/Kg

 Paling Murah, Harga TBS Sawit di Seluma, di Wilayah Talo Cuma 1.550/Kg

Bongkar muat sawit di RAMP--

 

TALO, Radar Seluma.Disway.Id - Harga Tandan Buah Segar (TBS) Sawit di masyarakat saat ini masih mulai menanjak naik. Namun kenaikan Harga ini belum stabil. Para petani pada saat ini menjual buat Sawit mereka di RAM Harga Rp 1.550 per 1/Kgnya di TALO. Memang untuk Harga TBS ini, paling murah di daerah TALO, ilir Tali di Seluma ini. 

 

BACA JUGA: Jalan Lintas Bengkulu - Tais Seluma, Lubangnya Sudah Habis

 

Bahkan saat ada pabrik seperti di Pring Baru, pabrik milik PTPN, sempat didemo. 

Beberapa tokeh, meminta agar harga ditunrukan. Karena para petani menjual buah langsung ke pabrik. Sehingga para toke sawit tidak dapat buah.

 

Padahal, beberapa bulan terakhir ini harga sawit mengalami penurunan sehingga pertumbuhan ekonomi masyarakat saat sangat sulit karena harga produksi pertanian hasil perkebunan sangat murah. Sementara harga kebutuhan semakin mahal sehingga penjualan dan pembeli tidak seimbang.

 

Herman salah satu toke sawit dikonfirmasi kemarin (25/8) mengatakan mereka berharap agar harga TBS sawit bisa lebih standar sehingga para petani sawit tidak mengalami kerugian.

 

BACA JUGA:7 Rupa Mayat Saat Di Alam Kubur Bahkan Ada Wajah Babi Hutan. Dosa Apa Di Perbuat..?? Yuk Simak.

 ''Kalau kami hitung semua dari harga 1.550 per 1/Kg tidak sesuai, karena biaya perawatan kebun juga sangatlah mahal seperti pembersihan, pupuk upah panen, angkos angkutan serti ojek hitung-hitung hanya mendapat tipis. Dengan segitu sudah naik beberapa minggu terakhir ini, sebelumnya harga TBS sempat 1000 per1/Kg. Kalau kami petani hanya pasrah dengan kami tidak berbuat apa-apa hanya saja berharap dengan pihak terkait agar harga sawit dapat di telurusi sumpah harga lebih maksimal sehingga pertumbuhan ekonomi masyarakat bisa lebih berkembang,''jelasnya.(apr) 

Sumber: