Mengenal dan Mengenang Kerajaan Pagaruyung Sumatra Barat

Mengenal dan Mengenang Kerajaan Pagaruyung Sumatra Barat

Minangkabau Sumatera Barat--

 

 

Radar Seluma. Disway.id -Sumatra Barat tidak kalah penting dari perjalanan sejarah Sumatra Barat juga memiliki sebuah Kerajaan dan berjaya di masa nya bahkan merupakan salah satu yang ada di Nusantara yaitu Kerajaan Pagaruyung yang pernah ada masa Hindu-Buddha kemudian berubah menjadi bercorak Islam.

Kerajaan Pagaruyung di dirikan oleh Adityawarman pada sekitar 1347 M, kerajaan ini masih bercorak Hindu-Buddha kemudian menjadi kesultanan Islam setelah mereka meninggalkan Agama nenek moyang mereka dan hijrah memeluk Agama Islam pada abad ke17 pada masa pemerintahan kesultanan Sultan Alif.

Kerajaan Pagaruyung tidak hanya di Propinsi Sumatera saja namun juga meliputi sebagian Propinsi Riau.

Kemudian Kerajaan Pagaruyung runtu saat perang Padri seleteh hampir 5 abad berkuasa di tanah Minangkabau

BACA JUGA: Hadirkan 6 Bus Dilengkapi Fitur Terbaru, Karoseri Laksana Buat Rame GIIAS 2023

 

 

Sejarah singkat Kerajaan Pagaruyung

 

Pada tahun 1347 M Adityawarman menyatakan dirinya sebagai Raja di Malayapura berdasarkan manuskrip yang terdapat di bagian belakang Arca Amoghapasa.

Walaupun nama Pagaruyung tidak ditemukan di berbagai sumber sejarah namun Adityawarman di duga kuat merupakan pendiri Kerajaan Pagaruyung keturunan Minangkabau Jawa putra Adwayawarman pemimpin Ekspedisi Pamalayu dai Kediridn Dara Jingga putri kerajaan Dhatmasraya

Namun, sebagian sejarawan berpendapat bahwa Adityawarman adalah putra dari Raden Wijaya (pendiri Kerajaan Majapahit) dan Dara Jingga.

Sumber: