Keberatan Jumlah DPS, Pilkades PAW di Seluma Mudur. Besok Dilakukan

Keberatan Jumlah DPS, Pilkades PAW di Seluma Mudur. Besok Dilakukan

Taufan, Kasi di Kecamatan Lubuk Sandi--

 

 

RENA PANJANG, Radar Seluma.Disway.Id - Musyawarah  menetapkan daftar pemilih sementara (DPS) pemilihan kades pergantian antar waktu (PAW) Desa Tumbuan Kecamatan Lubuk Sandi Senin  minggu lalum telah gagal. Dalam musyawarah tersebut tidak ditemui kata sepakat antar peserta musyawarah yang jumlahnya 120 orang dengan panitia, calon kades, dan BPD, maka pemilihan kades PAW yang sudah terjadwal tanggal 20 Juli lalu akhirnya diundur.

 

BACA JUGA: Sudah Ada 20 Kasus DBD di Pukesmas Suka Merindu Seluma

 

Setelah dimediasi oleh beberapa pihak sepeeti kecamatan, dinas PMD, dan Polsek Sukaraja, akhirnya ditemui solusinya dan pihak yang keberatan dapat menerima. Hasilnya jumlah peserta musyawarah mengerucut menjadi 67 orang terdiri dari berbagai unsur yang ada di Desa Tumbuan, namun BPD, panitia, dan perangkat desa tetap tidak mendapat hak suara karena harus menjaga kenetralan dalm pemilihan.

 

Peserta musyawarah yang sudah disepakati itu sudah ditetapkan dan saat ini masih menunggu SKnya dari BPD, setelah itu dibuatkan undangan oleh panitia Pilkades untuk memilih.

 

Dalam musyawarah yang dihadiri pihak kecamatan, PMD dan kepolisian juga ditetapkan jadwal pemilihan yaitu jumat lusa bertempat di kantor desa Tumbuan. Hal ini dibenarkan oleh Kasi Pemerintahan Kecamatan Lubuk Sandi Taufan Fitrah Akbar, S.Sos. 

 

"Jadwal pemilihan kades PAW Kades Tumbuan diundur dari tanggal 20 Juli menjadi tanggal 28 Juli. Mundurnya jadwal ini karena saat musyawarah penetapan DPS ke DPT tidak ditemui kata sepakat, sebab terlalu banyak pendapat dari peserta musyawarah baik perwakilan unsur, calon kades, BPD dan panitia," katanya.

 

Sumber: