Mengelola Rantai Pasokan dalam Normal Baru Pasca-pandemi

  Mengelola Rantai Pasokan dalam Normal Baru Pasca-pandemi

--

 

Restrukturisasi Rantai Pasokan Global

 

Secara tradisional, globalisasi rantai pasok telah menawarkan kepada perusahaan keuntungan berupa penghematan biaya, dan akses ke bahan atau kemampuan produksi yang mungkin tidak tersedia di dalam negeri. Namun, pandemi COVID-19 dan Perang Dagang AS-Tiongkok telah menyoroti kerentanan rantai pasokan global dan bagaimana mereka memaparkan perusahaan pada risiko operasional dan perkembangan ekonomi atau politik yang berpotensi tidak menguntungkan di negara tempat perusahaan mitra mereka berada. Akibatnya, restrukturisasi rantai pasokan global telah terjadi di seluruh industri dan geografi, dengan perusahaan mempertimbangkan banyak trade-off, insentif, dan kendala.

 

BACA JUGA:Uji Coba ke Namibia, Vlogger Ini Histeris Ketika Seorang Wanita Suku Himba Melayaninya

 

 

Jadi, bagaimana seharusnya perusahaan mengadaptasi rantai pasokan mereka untuk memaksimalkan pengembalian, meminimalkan risiko, dan meningkatkan ketahanan dalam menghadapi gangguan mendadak atau jangka panjang? Tren apa yang perlu mereka waspadai saat mereka membangun jaringan mereka dalam tatanan ekonomi global baru yang muncul? Selain itu, seperti apa rantai pasokan di masa depan? Dalam Buku Putih Penelitian Sekolah Bisnis CUHK ini, kami meninjau serangkaian studi yang memberikan beberapa jawaban awal untuk pertanyaan-pertanyaan ini dan dapat membantu memandu bisnis melalui gejolak dan ketidakpastian yang menjadi ciri pasar global setelah pandemi.

 

 

Petunjuk awal diberikan oleh penelitian kami baru-baru ini, yang menantang kearifan tradisional bahwa rantai pasokan bersifat linier dan guncangan permintaan diperkuat di bagian hulu sepanjang rantai. Studi kami menunjukkan bahwa perusahaan saat ini beroperasi sebagai bagian dari jaringan pasokan yang kompleks, dengan setiap pemain memiliki banyak pelanggan dan pemasok.

Perspektif jaringan membawa wawasan baru dalam menganalisis peluang dan risiko rantai pasokan, dibandingkan dengan perspektif tradisional rantai pasokan linier.

Permulaan Menopang Teman dan Menjaga Teman Anda Tetap Dekat

 

Sumber: