Mengelola Rantai Pasokan dalam Normal Baru Pasca-pandemi

  Mengelola Rantai Pasokan dalam Normal Baru Pasca-pandemi

--

“Friend-shoring” juga merupakan tren baru yang sedang berkembang dan kemungkinan besar akan tetap bersama kita.

 

BACA JUGA:Ternyata Jeje Govinda Sudah Lama Tau, Sempat Janji Yang Terakhir

Topik penting lainnya yang kami amati adalah apakah hubungan rantai pasokan ke wilayah lain di dunia membuat perusahaan menghadapi peningkatan risiko selama pandemi, atau memberikan penyangga yang berharga terhadap gangguan lokal. Terhadap pertanyaan tersebut, kami menemukan bukti yang konsisten bahwa ketika rantai pasokan global terganggu selama COVID-19, hal itu secara signifikan memengaruhi risiko kredit perusahaan yang bergantung pada rantai pasokan tersebut. Misalnya, ketika China terpukul pada awal tahun 2020, risiko rantai pasokan meningkat untuk perusahaan AS yang terhubung dengan China. Namun, ketika kemudian China melanjutkan produksi dan negara-negara lain di seluruh dunia dilanda COVID-19, memiliki rantai pasokan China terbukti berharga dan mengurangi risikonya.

 

Studi kami juga membuat kami berharap bahwa, sebagai akibat dari pandemi, masyarakat dan pemerintah di seluruh dunia menyadari pentingnya kapasitas produksi lokal, dan mereka akan terus mendukung perluasan kapasitas tersebut melalui kebijakan seperti subsidi dan perjanjian perdagangan regional.

 

 

 

 

 

"Friend-shoring", yang mengacu pada penempaan hubungan ekonomi dengan negara-negara yang memiliki kepercayaan politik dan sistem dan nilai ekonomi yang sama, juga merupakan tren baru lainnya yang tumbuh dan kemungkinan besar akan bertahan.

 

Mengingat meningkatnya ketegangan geopolitik beberapa tahun terakhir, dalam studi lain, kami melihat bagaimana perusahaan Amerika merestrukturisasi rantai pasokan global mereka dalam menanggapi ketidakpastian kebijakan perdagangan dan ekonomi. Hasil kami menunjukkan bahwa rantai pasokan dapat berubah sebagai akibat dari kebijakan perdagangan yang diberlakukan oleh pemerintah dan risiko rantai pasokan dapat bergantung pada apakah perusahaan menghasilkan pendapatannya di luar negeri atau di dalam negeri. Untuk perusahaan multinasional AS yang menghasilkan sebagian besar pendapatan di luar negeri, ketidakpastian kebijakan AS akan mendorong mereka untuk melakukan lebih banyak sumber alih-alih membawa pulang manufaktur. Tentu saja, mereka juga akan mencari tujuan sourcing dengan ketidakpastian kebijakan yang rendah, pada saat yang sama mengeksplorasi lokasi sourcing baru di luar China untuk mendiversifikasi risiko konsentrasi.

 

Sumber: