Ayo Tanam Ini!!! Bukan Nangka, Bukan Cempedak..Tanaman Ini Sudah Ada diSeluma,,Banyak yang Belum Tahu

Ayo Tanam Ini!!! Bukan Nangka, Bukan Cempedak..Tanaman Ini Sudah Ada diSeluma,,Banyak yang Belum Tahu

Nangkadak--

 

 

 

 

Tanaman Nangkadak mungkin jarang didengar oleh masyarakat, namun tanaman ini sudah banyak dijual di Indonesia dan tersebar diberbagai daerah.

 

Nangkadak adalah persilangan tanaman nangka dan cempedak, rasa buahnya yang sudah matang memiliki rasa yang manis dari pada nangka dan cempedak, buah ini tumbuh sepanjang tahun dan setelah umur 2 tahun tanaman ini sudah berbuah dan siap panen.

 

 

Bentuk buahnya agak lonjong menyerupai buah nangka tetapi isinya menyerupai temedak . Kalau buahnya sudah matang rasanya sangat manis dan enak. Memang asing terdengar, karena buah ini mulai susah ditemukan. Masyarakat saat ini lebih memilih penggunaan nangka ketimbang membeli cempedak. 

 

Untuk memulai budidaya nangkadak, Anda dapat memilih bibit dari hasil okulasi atau cangkokan. Ini merupakan hasil perbanyakan vegetatif yang menjamin mutu genetik tanaman sama persis dengan induknya.

 

Nangkadak okulasi diperoleh dengan menyambung mata tunas dari nangkadak produktif dengan batang bawah dari spesies atau varietas tanaman yang sama, yang memiliki perakaran yang kokoh. Sedangkan bibit cangkokan diperoleh dari bagian tanaman indukan.

Sumber: