Bangun Jalan, Pemda Seluma Telah Ganti Rugi 9,7 Ha

Bangun Jalan, Pemda Seluma Telah Ganti  Rugi 9,7 Ha

Pembukaan jalan keenam di Simpang 6 Tais--

PEMATANG AUR, radarselumaonline - Pemerintah Kabupaten Seluma pada tahun 2011 menegaskan sudah mengganti rugi lahan seluas 9,7 hektar. 

Tempat di mana akan dibangun jalan simpang keenam. Yang tembus ke Bendungan Air Ngalam di Kelurahan Talang Dantuk, Kecamatan Seluma.

BACA JUGA:Mentan Tantang Wagub dan Bupati Tingkatkan Hasil Pertanian

Dari seluruh lahan yang diganti rugi tersebut sebagian sudah digarap warga menjadi kebun kelapa sawit, sawah, dan juga dibangun rumah.


Ikhsan Sahudi Kabag Tata Pemerintah (Tapem) Setda Seluma menyampaikan sejauh ini tidak ada komplain dari masyarkat dengan rencana pembangunan itu.


BACA JUGA:5 Ekor Ayam Bagi Tiap Keluarga


"Tidak ada masalah lagi. Untuk pemilik sawah kemarin itu mereka meminta agar saluran airnya diperbesar," kata Ikhsan, kemarin.

Sehubungan dengan rencana pembukaan badan jalan ini sawah yang sebelumnya lebar sampai dengan 40 meter sekarang tinggal 16 meter saja.

"Tidak ada komplen. Karena memang lahan itu sudah kita ganti rugi. Nah untuk rumah nantinya dibongkar. Tidak ada komplen kita terus lakukan langkah persuasif. Kita sampaikan ke masyarakat ini untuk mendukung program bapak bupati," jelasnya.

Sementara itu dalam waktu dekat ini Karya Bakti oleh Kodim 0425/Seluma untuk pembangunan jalan ini akan segera dimulai. Tahap awal adalah pembersihan badan jalan atau line clearing. Secara bertahap nanti akan ditingkatkan ke hotmix dan menjadi jalan dua jalur.

“Tahap awal adalah line clearing oleh Kodim Seluma dan selanjutnya baru dilakukan pembangunan,” sampainya.


Panjang jalan yang akan dibangun ini adalah 2,1 Km direncanakan pada tahap awal ini angarannya sebesar Rp837 juta untuk. Untuk pembangunan jalan dua jalur akan dilakukan pada tahun 2024 mendatang.


“Sekarang tahapannya adalah melakukan sosilasisasi bersama Kodim Seluma. Namun terpenting adalah tidak ada ganti rugi tanam tumbuh. Sehingga warga di persilakan untuk menebang dengan sendirinya tanaman yang ada,” tutupnya.(adt)


Sumber: