Mentan Tantang Wagub dan Bupati Tingkatkan Hasil Pertanian

Mentan Tantang Wagub dan Bupati Tingkatkan Hasil Pertanian

Mentan, Wagub dan Bupati Seluma.--



SARI MULYO, radarselumaonline, Meteri Pertanian (Mentan) RI Prof. DR. H. Syahrul Yasin Limpo, SH. M.Si. MH menantang Wakil Gubernur Bengkulu, dan Bupati se Provinsi untuk meningkatkan hasil pertanian terutama tanaman pangan.

BACA JUGA:5 Ekor Ayam Bagi Tiap Keluarga

Hal ini dikatakannya saat memberi arahan di acara panen raya padi di Desa Sari Mulyo Kecamatan Sukaraja kemarin (10/02).

 

"Disaat semua bidang lumpuh akibat covid, justru sebaliknya bidang pertanian tumbuh hingga 16 persen.

BACA JUGA:Didampingi Bupati Seluma, Mentan Panen Raya

Berarti sektor pertanian memiliki kekuatan yang luar biasa, ini semua berkat kerja petani. Untuk itu kekuatan pertanin harus dikukuhkan untuk melawan tantangan dunia. Kekuatan dunia juga berawal dari hasil sektor pertanian. Tanpa pertanin, dunia bisa apa. Apa yang bisa dimakan kalau bukan hasil pertanian," katanya.
Menteri asal Sulawesi ini lantas menantang wagub dan bupati yang hadir untuk meningkatkan hasil pertanian.

 

"Pak Wagub dan bupati yang hadir disini saya tantang untuk meningkatkan hasil pertanian. Pertaniannya harus digenjot agar membuahkan hasil yang tinggi atau besar, kalu tanam padinya hanya dua kali setahun mustahil Indonesia termasuk bengkulu bisa swasembada pangan. Penduduk Indonesia ini sekarang sudah 283 juta jiwa, semuanya butuh makan,''jelasnya.

 

jjUntuk itu saya tantang lagi datang ke kementerian membawa rinciannya, apa yang akan dilakukan termasuk perkiraan hasil produksinya. Kalau punya lahan 100- atau 200 hektar lebih baik tak usah datang cukup dengan daerah saja. Saya atau kemeterian akan menjamin kalau lahan yang disediakan diatas 1.000 hektar, atau setidaknya 300 hektar per kabupaten baru saya urus, mau nanam pisang kita siapkan bibitnya, begitu juga kelapa, apa lagi tanaman pangan,''sampainya.

 

Biayanya bisa ditekan sekitar Rp9 juta/ hektar, dan mampu menghasilkan gabah 8-9 ton/HA. Kalau melihat padi yang dipanen tadi paling kuat menghasilkan 6.5-7 ton/ HA.

 

Sumber: