Kata Ketua KPU Seluma, Nilai CAT Tak Menentukan Lulus...

Kata Ketua KPU Seluma, Nilai CAT Tak Menentukan Lulus...

Ketua KPU Seluma Sarjan ketika dikonfirmasi Rabu 25 Januari 2023 di KPU Seluma--

 

Sarjan juga menerangkan, jika dalam proses pengrekrutan PPS telah dimulai dari proses pendaftaran, seleksi administrasi. Dari seleksi administrasi tersebut nantinya akan dilakukan pengumuman untuk para peserta yang lulus pada seleksi administrasi. Dari lulusnya seleksi administrasi, masyarakat sudah diperbolehkan untuk menanggapi atau masukan ke pihak KPU Kabupaten Seluma.

 

Usai proses seleksi administrasi, akan dilanjutkan dengan seleksi tertulis berbasis Computer Assisted Test (CAT). Untuk tahapan CAT, ada 9 calon per Kelurahan/Desa yang diikutkan berdasarkan peringkat 9 tertinggi di tes CAT untuk ke tahap wawancara.

 

"Jadi dari dimulainya kelulusan seleksi administrasi, sebenarnya masyarakat sudah mulai bisa menanggapi dan menyampaikan masukan ke pihak KPU," ujarnya.

 

Seleksi Cat merupakan syarat untuk mengikuti tahapan wawancara. Jadi ada 9 besar peringkat di cat dipersilahkan untuk berkompetisi di seleksi wawancara dan semuanya berpeluang untuk lolos. Dalam tes wawancara mencangkup tentang pengetahuan kepemiluan, pengetahuan tentang lembaga pemilu, pengetahuan tentang kewilayahan, administrasi kepemiluan, komitmen yang mencakup integritas, independensi dan proposal. Hingga visi para calon PPS jika nantinya terpilih.

 

"Jadi dalam wawancara itu banyak aspek yang kita nilai. Sehingga ini yang menentukan dari wawancara tersebut," terangnya.

 

 

Terkait adanya masyarakat yang protes dan merasa keberatan atas hasil yang mereka, Sarjan mengatakan bahwa pihaknya menerima masukan dari masyarakat dan akan 

menjelaskan ketentuannya kepada masyakat.

BACA JUGA: 4 Titik Jalan Terancam Longsor Belum Diperbaiki 

Sumber: