Penyakit yang Disebabkan Oleh Lalat, Awas...Kanker Termasuk?

Penyakit yang Disebabkan Oleh Lalat, Awas...Kanker Termasuk?

Lalat--

PASTI kalian tahu apa itu hewan lalat, Lalat merupakan hewan kecil bersayap yang berdampingan langsung dalam kehidupan manusia, Lalat merupakan serangga kotor karena mereka hinggap dan berkembang biak di tempat kotor, seperti di sampah, kotoran atau bangkai hewan yang telah lama mati.

 

 

Pastinya banyak penyakit yang ditimbulkan dari lalat, Sama seperti nyamuk dan kecoak, lalat ada di mana-mana. Hewan bernama ilmiah Musca domestica ini sering mengganggu kita saat sedang makan. 

 

Karena hidup di tempat yang kotor, tak mengherankan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan bahwa lalat menularkan banyak sekali penyakit.

 

 

Tidak main-main penyakit yang disebabkan oleh lalat sangat membahayakan kesehatan bagi manusia karena kandungan bakteri pada lalat. Jangan sekali - kali kita makan dan minum yang sudah dihinggapi lalat kalau tidak ingin dilarikan kerumah sakit, memang tidak secara sekaligus sama seperti DBD penyakit yang disebabkan oleh lalat juga bertahap dan memiliki gejala dahulu.

 

BACA JUGA:Jangan Ragu Minum Kopi, Ini Manfaat Belum Banyak Yang Tahu....

BACA JUGA:Seluma Luar Biasa, Angka Stunting Turun Tinggal 18%

Lalat hijau (Chrysomya megacephala) banyak ditemukan di rumah-rumah hingga tempat yang kebersihannya kurang baik. Hewan ini termasuk salah satu pembawa berbagai jenis penyakit.

 

Di ekosistem, lalat berperan dalam proses pembusukan, sebagai predator, parasit pada serangga hingga ada beberapa jenis lalat yang memengaruhi kesehatan masyarakat. Itu sebabnya lalat bisa merupakan satu vektor penyakit yang mudah ditemui.

 

BACA JUGA:Seluma Luar Biasa, Angka Stunting Turun Tinggal 18%

BACA JUGA:7 Resep Makanan Sehat, Wanita Pasti Suka..

Ada beberapa jenis penyakit yang dapat ditularkan oleh lalat rumah, di antaranya yakni: 

 

1. Demam tifoid dan paratifoid adalah penyakit infeksi akut usus halus yang disebabkan oleh kuman Salmonella typhi.  Penyakit ini memiliki gejala demam lebih dari satu minggu, gangguan pada saluran pencernaan dan gangguan kesadaran. 

 

2. Diare Diare atau mencret merupakan kondisi ketika seseorang mengalami buang air besar lebih sering dari biasanya. 

 

3. Disentri adalah infeksi pada usus yang menyebabkan diare yang disertai darah atau lendir. 

 

4. Kolera adalah adalah penyakit diare akut akibat infeksi bakteri yang bernama Vibrio cholerae. 5. Gastroenteritis Gastroenteritis adalah muntah dan diare akibat infeksi atau peradangan pada dinding saluran pencernaan, terutama lambung. 

 

6. Amebiasis adalah suatu infeksi usus besar dan infeksi hati yang disebabkan oleh parasit Entamoeba histolytica. 7. Infestasi helmintik Infestasi helmintik dapat dimaknasi sebagai infeksi cacing pada tubuh manusia 

 

8. Yaws Frambusia, patek atau puru (bahasa Inggris: yaws) adalah suatu infeksi bakteri jangka panjang (kronis) yang paling sering mengenai kulit, tulang, dan sendi. 

 

9. Poliommieltis Polio, atau yang disebut juga dengan poliomyelitis adalah penyakit saraf yang dapat menyebabkan kerusakan pada sistem saraf motorik. 

 

10. Konjungtivitis adalah peradangan konjungtiva atau selaput bening yang menutupi bagian putih mata (sklera) dan bagian dalam kelopak mata 

 

11. Trakoma adalah salah satu infeksi pada mata yang disebabkan oleh bakteri Chlamydia trachomatis. Trakoma biasanya menyerang mata dan kelopak mata terlebih dahulu, dengan gejala awal berupa iritasi dan gatal ringan

Sumber: