(PENTING), 6 Gestur Tubuh Jadi Tanda Seseorang Lagi Berbohong

(PENTING), 6 Gestur Tubuh Jadi Tanda Seseorang Lagi Berbohong

--

Dr. Albert Mehrabian, penulis dari Silent Messages, mengungkapkan bahwa kamu akan menerima sekitar 90 persen informasi tentang apakah seseorang bersikap jujur atau gak dari bahasa tubuh mereka. Kamu akan secara refleks menganalisis posisi tubuh dan nada suara orang tersebut untuk memahami suasana hati mereka.

 

Dengan memperhatikan gestur orang tersebut, sebenarnya kamu akan langsung tahu apakah ia sedang jujur atau berbohong dalam waktu sekejap lho. Gak percaya? Berikut 6 tanda gestur seseorang yang sedang berdusta.

 

1. Menjilat dan menggigit bibir

 

Orang yang terpaksa berbohong akan sulit berbicara karena mulut mereka menjadi sangat kering. Hal ini punya penjelasan sederhana, yaitu saat seseorang merasa tertekan, sistem saraf otonom akan menurunkan produksi air liur. Jika kamu menawarkan segelas air kepada orang ini, ia kemungkinan akan meminumnya dengan sangat cepat.

 

2.Menahan bahu dan mendongakkan dagu

 

Jika seseorang menahan bahu ketika mengatakan sesuatu padamu, mungkin mengindikasikan bahwa ia sedang merasa insecure tentang perkataannya sendiri. Hal yang sama berlaku juga pada dagu orang tersebut. Orang yang sedang berbohong akan berusaha membuat kata-katanya terdengar kuat sehingga dagunya akan tampat mendongak secara otomatis.

 

3. Menjaga kedua mata terbuka lebar

 

Psikolog mengklaim bahwa pembohong gak akan dapat mempertahankan kontak mata untuk waktu yang lama. Namun, jika seseorang berbohong dan ingin kamu mempercayai apa yang mereka katakan, maka mereka akan mencoba menatapmu tepat di mata untuk membuat diri mereka sendiri tampak dapat dipercaya.

 

Tanda terbesar yang perlu kamu perhatikan adalah ketegangan yang kuat pada otot mata, karena orang tersebut sedang berjuang melawan keinginan untuk berpaling.

 

4. Membatasi gerakan tubuh

 

Sudah jadi rahasia umum bahwa gerakan yang gak terkendali dapat menunjukkan fakta bahwa seseorang sedang berbohong. Si pembohong kemungkinan mengetahui fakta ini sehingga mereka akan mencoba membatasi gerak tubuh dan berusaha tetap diam.

 

Baca Juga: Kenali 4 Fakta Penting Mythomania: Penyakit Psikologis Suka Berbohong 

 

5. Mengarahkan jari telunjuk padamu

 

Menunjuk jari dianggap sebagai salah satu gerakan paling agresif. Jika seseorang menanggapi pertanyaanmu dengan reaksi ini, maka mereka mungkin sedang berpura-pura marah. Mereka berpikir bahwa kamu akan menganggap reaksi ini sebagai tanda kemarahan dan pertahanan diri.

 

Selain itu, reaksi tersebut juga menjadi salah satu cara si pembohong membuatmu yakin kalau pertanyaan atau tuduhan yang kamu lontarkan barusan adalah suatu kesalahan.

 

6. Memiringkan kepala

 

Charles Darwin memperhatikan bahwa manusia, seperti halnya hewan, akan memiringkan kepala mereka jika sedang merasa sangat tertarik pada sesuatu. Pembohong kemungkinan juga akan memiringkan kepala saat mencoba mengulur-ulur waktu untuk menjawab suatu pertanyaan.

Sumber: