Ini Penyebab si Kecil Rewel, Solusinya?...Simak

Ini Penyebab si Kecil Rewel, Solusinya?...Simak

--

Menangis adalah kebiasaan yang normal bagi anak kecil, menangis salah satu cara anak kecil meluapkan emosinya.

 

Sayangnya, kita sebagai orangtua sering dibuat bingung karena tidak bisa mengerti apa yang ingin disampaikan bayi. 

 

Alhasil, Si Kecil akan menjadi lebih rewel dan terus menangis karena keinginannya tidak terpenuhi. Lantas, apa yang harus dilakukan?

 

Anak cengeng dan rewel biasanya bukan tanpa sebab, pasti ada alasan di balik tangisannya. Maka dari itu, penting bagi ayah dan ibu untuk mengetahui apa alasan anak menangis. Mungkin, bayi menangis untuk menunjukkan rasa tidak nyaman, lapar, atau bahkan gejala penyakit tertentu.

 

1. Sabar dalam menghadapi si kecil

 

Anak-anak memang sulit dilarang, memangis adalah solusi bagi mereka jika keinginannya tidak terpenuhi. Kalau sudah begini, biasanya akan terus menangis dan membuat orangtua kebingungan. 

Mendidik si kecil memang tidak mudah, butuh kesabaran untuk menenangkan. Ketika anak mulai rewel, bicaralah dengan cara yang lembut tapi tegas. 

Jangan memarahi atau membentak, karena justru membuat Si Kecil takut atau semakin marah sehingga menangis lebih kencang.

 

BACA JUGA:Hebat, RSUD Tais Raih Akreditasi Bintang Lima

 

 

2. Alihkan perhatiannya

 

Saat Si Kecil menangis terus dan semakin rewel, cobalah untuk mengalihkan pikirannya. Sebenarnya, tidak apa-apa untuk membiarkan anak menangis sejenak untuk meluapkan emosi. 

Saat sudah mulai tenang, coba ajak anak berbicara untuk mengalihkan perhatiannya, sehingga tidak meneruskan tangisan sebelumnya.

 

 

BACA JUGA:Sudah 16 Warga Seluma Meninggal Akibat Covid

 

 

3.berikan Bisikan cinta dan pelukan

 

Saat berada di tempat ramai atau disuatu hajatan, tangisannya tentu bisa menarik perhatian orang sekitar kemungkinan dapat menggu orang lain suara tangisannya.

 

Tenangkan anak dengan pelukan dan bisikkan kata-kata lembut untuk menenangkannya. Ajak Si Kecil ke tempat yang sepi dan ajak ia bicara. Setelah itu, orangtua bisa mengajaknya kembali melakukan aktivitas lagi.

 

BACA JUGA:Cobalah, Sakit Gigi Bisa Hilang dengan Ini

 

Hal terpenting dalam menghadapi anak yang rewel adalah dengan tidak memaksakan sesuatu padanya dan bicara dengan nada keras. 

 

Anak menangis juga bisa menjadi tanda ada yang salah dengan tubuhnya, atau sedang merasa sakit. 

 

Maka dari itu, ayah dan ibu harus selalu mewaspadai dan tahu kapan waktu yang tepat untuk menanggap tangisan anak sebagai hal yang berbahaya.

Sumber: