85 Pensiun, Bengkulu Selatan Kekurangan Guru

85 Pensiun, Bengkulu Selatan Kekurangan Guru

Kadis Dikbud BS--

 

BENGKULU SELATAN, radarselumaonline.com - Aparatur sipil negara (ASN) guru setiap tahun pensiun. Tahun ini tercatat puluhan guru yang pensiun. Sehingga Bengkulu Selatan (BS) kehilangan puluhan guru.

 

"Ya, tahun ini ada 85 guru di BS yang pensiun,"ungkap Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan BS, Novianto MSi melalui sekretaris Arif Gunawan MSi.

 

Dikatakan Arif, jumlah guru yang pensiun tahun ini lebih banyak dari tahun lalu. Pada tahun lalu 78 guru yang pensiun. Dan dalam dua tahun ini ada 163 guru pensiun. guru pensiun yakni guru TK atau Paud, SD, SMP sederajat. 

 

"Total guru ASN di BS 2.300 orang,"tutur Arif.

 

Dirinya mengaku banyak guru pensiun dikhawatirkan banyak sekolah yang kekurangan guru. Sehingga dapat mengganggu aktivitas belajar mengajar di sekolah. Beruntung tahun lalu ada penambahan guru tenaga pegawai pemerintah dengan perjanjian kontrak (PPPK) sebanyak 129 guru. Kemudian tahun ini  ada lagi tes tenaga PPPK untuk tenaga guru  sebanyak 305 guru. Hanya saja baru bisa keluar surat keputusan (SK) pada tahun 2023.

 

"Setelah SK guru PPPK keluar, maka ada lagi penambahan guru di BS,"kata Arif.

 

Lanjut Arif, ada tambahan PPPK guru, masih ada beberapa sekolah di BS yang kekurangan guru. Sehingga terpaksa menganggarkan tenaga honorer. Oleh karena itu, bagi sekolah yang kekurangan guru dapat melapor ke pihaknya, agar nanti dapat diatur ulang keberadaan guru demi pemerataan. Sehingga tidak ada lagi penumpukan guru di sekolah tertentu, sedangkan sekolah lainnya mengalami kekurangan guru.

 

"Penempatan guru akan di atur ulang, guna pemerataan,"papar Arif.(yes)

Sumber: