Penunjang PPN, Akan Dibangun SPBU Khusus Nelayan

 Penunjang PPN, Akan Dibangun SPBU Khusus Nelayan

Kepala Dinas Perikanan Seluma, Zuraini--

 

PEMATANG AUR - Sebagai fasilitas penunjang Pelabuhan Perikanan Nelayan (PPN) di Desa Pasar Seluma juga akan dibangun Stasiun Pengisian Bahan Bakar Nelayan (SPBN). Fasilitas SPBN ini diharapkan nanti dapat menujang kebutuhan BBM Nelayan yang ada di sana. Terkait dengan rencana pembangunan SPBN ini, Pemerintah Daerah Kabupaten Seluma melalui Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) sudah berkoordinasi dengan BPH Migas.

 

"Selain kewajiban menyediakan lokasi 4 hektar lagi, kita juga tengah mencari lokasi lahan untuk pembangunan SPBU khusus Nelayan," kata kepala DKP Seluma, Zuraini, MP, M.Si kepada wartawan, kemarin.

Untuk lahan yang dibutuhkan pembangunan SPBN ini seluas setengah hektar sampai dengan satu hektar. SPBU ini khusus untuk melayani Nelayan yang membutuhkan BBM. Sedangkan untuk pengelola sendiri dilakukan oleh koperasi Nelayan yang ada di Kabupaten Seluma. Sehingga kebutuhan Nelayan untuk menangkap ikan bisa didapatkan melalui pembelian di SPBU Nelayan ini.

 

"Yang jelas kita akan mencari lahan untuk SPBU Nelayan yang menjual solar ini," sampainya.

 

Selain itu, Zurai juga menerangkan pembebasan lahan untuk pembangunan PPN seluas 4 hektar. Anggaran juga harus disediakan oleh pemerintah Kabupaten Seluma ini pada tahun 2023 mendatang. Namun di tahun 2022 melalui APBD Perubahan sudah dialokasikan anggaran untuk tim penilai pembebasan lahan. Sehingga pada tahun 2023 pembangunan dan ganti rugi lahan bisa di realisasikan. "Tahun ini tim penilai pembebasan sudah ada dan selangkah lagi akan turun melakukan survey ke lokasi yang cocok dilakukan ganti rugi kepada warga," tutupnya.(adt)

Sumber: