Jejak Harimau Muncul Dekat Pemukiman Warga di Ulu Talo

 Jejak Harimau Muncul Dekat Pemukiman Warga di Ulu Talo

Budiman--

 

MEKAR JAYA - Harimau muncul di sekitar pemukiman masyarakat Desa Mekar Jaya Kecamatan Ulu Talo. Kemunculan Panthera Tigris Sumatrae ini tentu saja membuat masyarakat khawatir. kemudian warga setempat langsung memberi informasi kepada tim Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) dan Tim WJS dari Provinsi Lampung. Budiman, SE dikonfirmasi kemarin (26/9) mengatakan pada awalnya yang melihat jejek harimau warga setempat Sapar. Terang Budiman, menurut keterangan warga, harimau sumatra yang muncul hanya berjarak sekitar 1 KM dari pemukiman warga.

Akan tetapi, menurutnya sejauh ini tidak ada permasalahan berarti.

"Hanya ditemukan jejaknya, tidak ada laporan susulan prihal ternak yang dimakan atau masalah lainnya. Hanya saja masyarakat khawatir karena jarak ditemukannya jejak harimau dengan pemukinan sudah cukup dekat," jelasnya. Ditambahkannya jika Petugas KSDA sudah ke lokasi untuk mengecek secara langsung beberapa waktu lalu.

"Tim BKSDA ke lokasi. Berdasarkan verifikasi di lapangan, memang ditemukan jejak satwa harimau sumatera yang tak jauh dari kawasan pemukiman warga, sekarang kondisi sudah aman, dan tidak perlu takut, karena diperkirakan harimau tersebut hanya melintas. Kalau memang terlihat lagi dengan warga agar segera memberi informasi," jelasnya.

Sekarang petugas WJS ada di Desa setempat. Sehingga jika kembali ditemukan harimau atau jejak harimau bisa langsung direspon. "Sejauh ini belum ada ternak yang dimangsa, kemungkinan hewan tersebut hanya melintasi hutan yang tidak jauh dari pemukiman warga," Ungkapnya. (Apr)

 

Sumber: