Provinsi Bengkulu Masuk Kategori Rawan Bencana

Provinsi Bengkulu Masuk Kategori Rawan Bencana

Basarnas--

 

 
BENGKULU - Provinsi Bengkulu dikategorikan sebagai satu dari tiga provinsi yang rawan terjadi bencana di pulau Sumatera. Karena itu Provinsi Bengkulu dalam waktu dekat akan mendapat tambahan armada kapal.
 
Menurut Kepala Badan SAR Nasional ( Basarnas ), Marsekal Madya TNI Henri Alfiandi, segala jenis potensi bencana ada di Bengkulu mulai dari kecelakaan laut hingga gempa. Karena kompleksitas itu Basarnas menjadikan Bengkulu sebagai salah satu provinsi rawan terjadi bencana.
 
"Lengkap di sini semua, ada artinya apa potensi kecelakaan laut ada, potensi gempa bumi juga besar, di Sumatera ada tiga provinsi yang rawan bencana salah satunya Bengkulu. Kami memang sengaja mengutamakan Bengkulu, karena adanya kerawanan yang ada di wilayah Bengkulu ini," kata nyasaat melakukan kunjungan kerja ke Kantor Basarnas Bengkulu, Kamis (11/8).
 
Untuk di Bengkulu, sambung Henri, pijak ya akan menam ah peralatan kapal yang mampu menembus ombak hingga atau level 5.
 
"Kapal ringan cepat ini, kita akan adakan di akhir tahun depan. Sekarang dalam proses pembelian sebanyak 74 kapal cepat ringan peralatan lengkap," ujar Henri.
 
Di sisi lain pihaknya juga telah mengusulkan kepada Kementerian PUPR agar daerah yang memiliki kerawanan bencana gempa untuk mengganti sistem bangunan yang aman dari bencana gempa, seperti halnya Bengkulu yang dilalui oleh jalur Megathrust.
 
"Bersama dengan BMKG dengan komposisi lima tahun sering berdiskusi dan komunikasi, makanya daerah daerah mana yang saya kunjungi termasuk Bengkulu, untuk dibuatkan dengan Menteri PUPR sistem bangunan aman dari gempa," katanya.(ken)

Sumber: