5 makhluk terlahir tanpa ibu "Unta Nabi Saleh terlahir tanpa ibu keluar dari Bongkahan Batu"

Senin 14-10-2024,13:04 WIB
Reporter : juliirawan
Editor : juliirawan

Kajian Islam. Radar Seluma. Disway.id -Setiap makhluk hidup di muka bumi ini dipastikan terlahir dari seorang ibu atau dari induknya secara lahir atau melalui telor, suatu ketika pada zaman Khalifah Umar Bin Khatab ada seorang Rahib Yahudi bertanya kepada Khalifah Umar Ibn Khatab, yang apabila Khalifah Umar Bin Khatab bisa dijawab maka ia bersedia masuk Agama Islam dengan mengucapkan dua kalimat syahadat.

Namun saat itu Khalifah Umar Bin Khatab tidak langsung menjawab pertanyaan Rahib tersebut, namun menyuruh Rahib tersebut menemui Ali Bin Abi Thalib Sebab ia sangat percaya jika Ali bin Abi Thalib akan dapat dengan mudah menjawabnya.

Yaitu ada terdapat 5 makhluk yang dilahirkan dan berjalan di muka bumi tanpa ibu atau Induknya yaitu Nabi  Adam AS Siti Hawa istri Nabi Adam AS, Unta Nabi Saleh AS, Qibasy atau Domba Nabi Ibrahim AS yang ditukarkan untuk  menggantikan sembelihan Nabi Ismail AS dan Tongkat Nabi Musa yang menjelma menjadi ular yang memakan ular-ular kecil dari penyihir Raja Fir'aun 

BACA JUGA:Inilah 5 Makhluk Hidup Dibumi Tanpa Dilahirkan Dari Ibu atau Induknya Kok Bisa ini Faktanya. Part Satu

Di Part satu sudah kita bahas yaitu Nabi Adam AS dan Siti Hawa Istri Nabi Adam AS dan kali ini yang ketiga 

Ketiga:  Unta Nabi Saleh

Tsamud merupakan Kaum Nabi Saleh AS yang ingkar akan ajaran Nabi Saleh dan tidak mau beriman kepada Allah SWT untuk mempermalukan Nabi Saleh Kaum Tsamud meminta Nabi Moussa untuk menunjukkan Mukjizatnya untuk membuktikan kenabiannya, dengan hal yang tidak masuk akal yaitu meminta Nabi Saleh mengeluarkan seekor Unta hamil dari Bongkahan Batu, oleh karena itu, dengan izin Allah SWT, sebuah batu di lereng bukit retak dan muncullah seekor unta betina tengah hamil

Peristiwa tersebut tercantum di Al-Qur'an Surat Asy-Syu'ara ayat 153 -154 yang berbunyi: 

قَالُوٓا۟ إِنَّمَآ أَنتَ مِنَ ٱلْمُسَحَّرِينَ

مَآ أَنتَ إِلَّا بَشَرٌ مِّثْلُنَا فَأْتِ بِـَٔايَةٍ إِن كُنتَ مِنَ ٱلصَّٰدِقِينَ

Artinya: "Mereka berkata, "Sesungguhnya engkau hanyalah termasuk orang-orang yang terkena sihir. Engkau tidak lain hanyalah manusia seperti kami. Maka, datangkanlah tanda (Mukjizat) jika engkau termasuk orang-orang yang benar".” (QS Asy-Syu'ara 153-154)

Saat kaum Tsamud menunjuk sebuah batu besar, ditepuk lah batu tersebut oleh Nabi Saleh AS dan dari batu tersebut keluarlah seekor unta betina yang sedang hamil 10 bulan seperti permintaan kaumnya.

BACA JUGA:Inilah Beberapa Agama Mirip Islam, Tapi Bukan Agama Islam Pengen Tau Yuk Simak Part Dua

Nabi Saleh pun berkata kepada kaumnya sebagaimana Allah SWT berfirman dalam Al-Qur'an Surat Hud ayat 64 berbunyi:

وَيٰقَوْمِ هٰذِهٖ نَاقَةُ اللّٰهِ لَكُمْ اٰيَةً فَذَرُوْهَا تَأْكُلْ فِيْٓ اَرْضِ اللّٰهِ وَلَا تَمَسُّوْهَا بِسُوْۤءٍ فَيَأْخُذَكُمْ عَذَابٌ قَرِيْبٌ

Artinya: "Wahai kaumku, inilah Unta betina dari Allah sebagai Mukjizat untukmu. Oleh karena itu, biarkanlah dia makan di bumi Allah dan janganlah kamu memperlakukannya dengan buruk yang akan menyebabkan kamu segera ditimpa azab,” kata Nabi Saleh AS yang tercantum dalam Al-Qur'an Surat Hud ayat 64.

Kemudian, Nabi Saleh AS memberitahu kaumnya bahwa Unta tersebut mempunyai giliran untuk minum dari air sumur mereka sehari dan hari yang lain untuk kaum Tsamud (mendapatkan air sumur secara bergantian), hidup bebas, tidak boleh disakiti apalagi dibunuh karena dapat mendatangkan azab dari Allah Swt.

Allah SWT berfirman dalam Al-Qur'an Surat Asy-Syu'ara ayat 155. Berbunyi:

قَالَ هٰذِهٖ نَاقَةٌ لَّهَا شِرۡبٌ وَّلَـكُمۡ شِرۡبُ يَوۡمٍ مَّعۡلُوۡمٍ​ۚ‏

Artinya: "Ini seekor unta betina. Dia punya (giliran) minum dan kamu punya (giliran) minum (pula) pada hari yang ditentukan," kata Nabi Saleh a.s. yang tercantum dalam Al-Qur'an Surat Asy-Syu'ara ayat 155.

Allah SWT berfirman dalam Al-Qur'an Surat Qomar ayat 28 berbunyi:

وَنَبِّئْهُمْ أَنَّ ٱلْمَآءَ قِسْمَةٌۢ بَيْنَهُمْ ۖ كُلُّ شِرْبٍ مُّحْتَضَرٌ

Artinya: "Dan beritakan lah kepada mereka bahwa sesungguhnya air itu terbagi antara mereka (dengan unta betina itu); tiap-tiap giliran minum dihadiri (oleh yang punya giliran)," (QS Qamar 28)

Semua orang yang menyaksikan hal tersebut kaget bukan main. Mereka tak percaya dengan apa yang dilihatnya. Kaum Tsamud pun terpecah menjadi 2 golongan, yakni golongan yang mengimani Allah Swt dan Nabi Saleh AS sebagai utusan Tuhan dan golongan yang masih menentang ajaran Nabi Saleh AS 

Unta tersebut kemudian melahirkan dan susunya tidak pernah habis diperah. Kisah Nabi Saleh AS dan Untanya ini semakin membuat sebagian kaum Tsamud percaya dan mengimani serta menaati Allah SWT.

Ini makhluk terlahir tanpa ibu yang ketika unta Nabi Saleh AS. (djl) Bersambung Part Tiga 

Kategori :