Tingkatkan Layanan, Dinsos Bengkulu Selatan Berdayakan Pekerja Sosial Masyarakat

Minggu 15-09-2024,07:05 WIB
Reporter : Muktar Ilyas
Editor : Jeffri Ginting

 

BENGKULU SELATAN, Radarseluma.Disway.Id - Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) sangat dibutuhkan dalam pelayanan masyarakat. Namun perlu diperhatikan. Upaya penanganannya dilaksanakan dengan menitikberatkan pada peningkatan peran tiga unsur  yaitu pemerintah, masyarakat serta dunia usaha.

 

BACA JUGA: KPU Seluma Akan Gelar Lelang Logistik Pemilu 2019, Diajukan ke KPKNL

BACA JUGA:Dusit Thani Bangkok Expose Perubahan Besar Hotel Ikonik Ini, bagian dari Dusit Central Park

 

"Keterlibatan masyarakat dalam penanganan masalah  sosial dan penyelenggaraan kesejahteraan sosial merupakan wujud memperkuat peran masyarakat sipil (Civil Society) pada pencapaian cita-cita bangsa untuk mencapai taraf kesejahteraan sosial yang diinginkan,"ungkap Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Bengkulu Selatan, Efredy Gunawan,S.STP.M.Si.

 

Upaya mendukung keberhasilan penyelenggaraan kesejahteraan sosial dimana  masyarakat diberikan kesempatan yang seluas-luasnya dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial baik dilakukan oleh perorangan, kelompok, maupun secara kelembagaan.

 

"Salah satu pelaku penyelenggaraan kesejahteraan sosial yang berasal dari unsur masyarakat secara perorangan adalah Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) yaitu warga masyarakat yang mempunyai kepedulian, memiliki wawasan dan komitmen pengabdian di bidang sosial kemanusiaan,"gumam Efredy.

 

Sementara keberadaan PSM telah diakui secara legal maupun formal melalui Peraturan Menteri Sosial Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 2019 tentang Pekerja Sosial Masyarakat.

 

BACA JUGA: Pemerintah Salurkan Beras Kepada Warga BS, Terdampak Kerusakan Lahan

Kategori :