Berikut Segudang Manfaat Meminum Kopi, Salah Satunya Bisa Umur Panjang!

Senin 02-09-2024,12:40 WIB
Reporter : Eldo Fernando
Editor : Eldo Fernando

Selain itu penelitian European Journal of Preventive Cardiology menemukan dua hingga tiga cangkir kopi sehari dikaitkan dengan peningkatan umur panjang dan risiko penyakit kardiovaskular yang lebih rendah, berdasarkan analisis terhadap kebiasaan hampir 450.000 orang.

 

"Kopi bubuk, instan, dan tanpa kafein dikaitkan dengan penurunan yang setara dalam kejadian penyakit kardiovaskular dan kematian akibat penyakit kardiovaskular atau penyebab apa pun," kata penulis studi Peter Kistler dikutip dari NBC News.

 

Studi ini melengkapi penelitian sebelumnya yang menyebutkan bahwa kopi, terutama beberapa cangkir sehari, memiliki beberapa manfaat kesehatan yang nyata.

 

Satu studi tahun 2018 menemukan bahwa selama periode studi 10 tahun, peminum kopi memiliki kemungkinan 10% hingga 15% lebih kecil untuk meninggal dibandingkan mereka yang tidak minum kopi. Studi lain, yang diterbitkan tahun 2021, menemukan bahwa minum tiga hingga empat cangkir kopi, terlepas dari apakah kopi tersebut mengandung kafein, mengurangi risiko terkena dan meninggal akibat penyakit hati kronis.

 

Kategori :