"Dan kemudian PIC (pilot) melanjutkan tidurnya," tulis KNKT.
Sadar bahwa PIC tertidur, Kopilot kemudian mengambil alih tugas si pilot itu. Kopilot pada saat itu menjalankan tugas sebagai PF (pilot flying atau yang menerbangkan pesawat) dan PM (pilot monitoring) sekaligus.
BACA JUGA:Rutin Lakukan GPM, Tekan Inflasi Pangan
Mereka kemudian sempat meminta Pusat Kontrol Area atau Area Control Center (ACC) Makassar untuk terbang menuju 250 derajat. ACC Makassar menginstruksikan pesawat untuk menghubungi ATC Jakarta atau ACC Jakarta.
Dalam 01.43.42 UTC, kopilot readback (prosedur penerbangan membaca kembali) instruksi Area Control Center (ACC) Jakarta. Namun beberapa saat kemudian, kopilot ini tertidur secara tidak sengaja.
Berdasarkan laporan itu, baik pilot maupun kopilot tidur bareng dalam waktu yang bersamaan.
Pilot dan Kopilot Tidur dalam Waktu Bersamaan
Tepat pada pukul 01.56 UTC atau 12 menit setelah transmisi rekaman terakhir dengan kopilot, ATC Jakarta bertanya kepada pesawat BTK6723 ini mengenai berapa lama pesawat ini akan terbang pada 250 derajat seperti sekarang.