Kisah Kejayaan Natadirja, Pangeran Bengkulu Asal Kerajaan Majapahit.. Yang Dimakamkan di Seluma

Jumat 02-06-2023,19:54 WIB
Reporter : admin5131radarseluma
Editor : admin5131radarseluma

 

 

"Untuk asal mula nama Jenggalu sendiri ada tiga versi. Namun yang paling mendekati itu adalah Jeng dalam bahasa jawa sebutan untuk wanita yang mulia dan Galo dalam bahasa serawai berarti semuanya," jelasnya.

 

Pada tanggal 23 maret 1719 terjadi peristiwa besar yaitu Attack Fort Marlborough yang menurut sejarah dipimpin oleh Pangeran Intan Ali yg merupakan anak dari Pangeran Natadirja.

 

 

Masyarakat desa Jenggalu sangat meyakini keberadaan kerajaan Selebar yang merupakan cikal bakal desa Jenggalu tersebut benar-benar berada di desa Jenggalu dengan bukti lokasi bekas kerajaan. 

 

Bukti-bukti tersebut meliputi makam Pangeran Natadirja, lokasi kerajaan Selebar yang dibuktikan dengan Kuto atau parit istana kerajaan. Kemudian ada beberapa barang pusaka yg diwariskan secara turun-temurun dan disimpan keturunan Pangeran Jenggalu. 

 

 

"Yang pertama adanya makam Pangeran Natadirja di Desa Jenggalu. Untuk loyang dari Sultan Ageng Tirtayasa awalnya ada namun sudah dicuri. Saat ini masih ada bukti-bukti berupa keris yang masih disimpan oleh keturunan raja Pangeran Natadirja di Desa Jenggalu," demikian.(adt)

 

Tags :
Kategori :

Terkait