Sejarah Berdirinya Kerajaan Majapahit Kerajaan Terbesar dan Tertua Kelima Di Nusantara

Sejarah Berdirinya Kerajaan Majapahit Kerajaan Terbesar dan Tertua Kelima Di Nusantara

Radar Seluma. Disway.id. Sejarah Kerajaan Majapahit yang didirikan oleh Raja Raden Wijaya di Jawa Timur --

Radar Seluma. Disway.id - Kerajaan Majapahit merupakan salah satu Kerajaan yang terbesar yang pernah berdiri di Nusantara, Kerajaan Majapahit dikenal sebagai pusat kebudayaan dan perdagangan yang maju di wilayah Asia Tenggara pada zamannya

Kerajaan Majapahit didirikan oleh Raden Wijaya setelah runtuhnya Kerajaan Singasari akibat Pemberontakan Jayakatwang pada tahun 1292 Masehi

Cucu Kartanegara Raja Singosari dikalahkan Jayakatwang merasa hidup di bawah tekanan Raden Wijaya kemudian memutuskan untuk melarikan diri selama dalam pelarian Raden Wijaya menerima bantuan dari  Arya Wiraja.

BACA JUGA:Inilah Beberapa Kerajaan Tertua di Indonesia. Apa Saja Ayoo Kita Cari Tau.

Seiring berjalannya waktu Raden Wijaya membuat Desa kecil di hutan Trowulan dan diberi nama Desa  Majapahit, adapun nama Majapahit diambil dari nama buah Maja yang tumbuh  di hutan namun memiliki rasa  pahit.

Seiring berjalannya waktu, Desa Majapahit berkembang dan Raden Wijaya diam-diam dikuatkan dengan merebut hati penduduk  dari Tumapel dan Daha.

Niat balas dendam Raden Wijaya terbantu lebih cepat ketika pasukan Khubilai Khan tiba pada tahun 1293.

Setelah  mengalahkan Jayakatwang, Raden Wijaya menyerang pasukan Khubilai Khan karena tidak mau tunduk pada kekuasaan kaisar Mongol.

Maka pada 10 Nopember 1293 atau 15 bulan Kartika 1215 Raden Wijaya dinobatkan menjadi Raja Majapahit sebagai dimulainya berdiri Kerajaan Majapahit dan Raden Wijaya mendapatkan gelar Kertarajasa Jayawardhana dan Raden Wijaya disematkan untuk menghormati pamannya,  pendiri Kerajaan Singasari, serta untuk menghormati  leluhurnya di Singasari

BACA JUGA:Sejarah Kerajaan Kutai Martadipura Kerajaan Tertua Pertama Di Indonesia

Berdirinya Kerajaan Majapahit merupakan Kerajaan yang pernah berdiri pada abad ke- 13 hingga abad ke- 16. Namun, ada juga yang menuliskan berdiri pada abad ke- 14 hingga abad ke-15. 

Kerajaan Majapahit terletak dan berpusat di Jawa Timur, dan dianggap sebagai salah satu kerajaan terbesar di wilayah Asia Tenggara pada masa lalu.

Kerajaan Majapahit didirikan pada tahun 1293 M oleh Raden Wijaya Raden Wijaya berhasil memproklamasikan diri sebagai Raja pertama Kerajaan Majapahit setelah ia berhasil mengalahkan Raja Kediri pada tahun 1293.

Kerajaan Majapahit dikenal sebagai Kerajaan yang maju dalam bidang seni, sastra, arsitektur, dan teknologi, salah satu contoh keberhasilan Kerajaan Majapahit adalah dalam bidang perdagangan, di mana mereka berhasil menguasai jalur perdagangan antara Asia Timur dan Barat.

BACA JUGA:Sejarah Berdirinya Kerajaan Tarumanegara Merupakan Kerajaan Tertua Ke 2 Di Indonesia Part 1

Setelah berhasil membesarkan Kerajaan Majapahit, Kerajaan Majapahit memiliki wilayah yang menjadi pusat pemerintahan Kerajaan adapun wilayah tersebut meliputi: 

Satu: Trowulan

Trowulan merupakan salah satu pusat pemerintahan Kerajaan Majapahit yang  terletak Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur. Trowulan merupakan pusat ibukota Kerajaan Majapahit pada masa pemerintahan Raja Hayam Wuruk. Trowulan dipilih sebagai lokasi pemerintahan karena letaknya yang strategis di daerah perbukitan dan dekat dengan Sungai Brantas, yang menjadi sumber air utama bagi Kerajaan Majapahit saat itu.

Pilihan menjadikan Trowulan sebagai pusat pemerintahan ibukota Majapahit karena tempat tersebut sangat strategis karena dekat dengan Pantai Utara Jawa yang memungkinkan Kerajaan untuk berdagang dengan bangsa-bangsa lain.

Di daerah Trowulan terdapat banyak bukti sejarah tentang keberadaan adanya Kerajaan Majapahit berbagai situs bersejarah tersebut seperti Candi Bajang Ratu, Candi Tikus, Candi Brahu, serta bekas kolam dan jalan-jalan Kerajaan.

BACA JUGA:Peninggalan Prasasti Kerajaan Sriwijaya Bukti Sriwijaya Merupakan Kerajaan Tertua Ke Tiga Nusantara Part 3

Kedua: Mojokerto

Mojokerto merupakan Kota di Jawa Timur yang menjadi tempat penyebaran Agama Hindu-Budha di Nusantara pada abad ke- 13 hingga abad ke- 15 di kawasan ini terdapat beberapa peninggalan sejarah seperti Candi Jabung dan Candi Pari sebagai bukti ada Kerajaan Majapahit berkuasa di Mojokerto.

Tiga: Surabaya

Surabaya dikenal sebagai kota pelabuhan yang strategis dan merupakan salah satu tempat penting dalam sejarah Kerajaan Majapahit di Kota Surabaya terdapat Museum Cheng Ho dan beberapa peninggalan bersejarah seperti Masjid Ampel dan Pura Jagatnatha.

BACA JUGA:Kisah Kerajaan Mataram Kuno Kerajaan Tertua Keempat & Bukti Keberadaan Di Nusantara

Empat: Bali

Meskipun Bali tidak termasuk wilayah Jawa Timur  Bali juga pernah menjadi pusat pemerintahan Kerajaan Majapahit pada masa pemerintahan Gajah Mada. Di sana terdapat beberapa peninggalan sejarah seperti Pura Besakih dan Pura Luhur Uluwatu. 

Adapun Seluma pemerintahan Majapahit ada beberapa Raja yang memimpin yaitu Raden Wijaya (1293 M - 1309 M) Jayanegara (1309 M -1328 M) Tribhuwana Wijayatunggadewi (1328 M -1350 M) Hayam Wuruk (1350 M - 1389 M) Wikramawardhana (1389 M - 1429 M) hingga akhirnya Kerajaan Majapahit runtuh pada abad ke 15.

Itulah sejarah berdirinya Kerajaan Majapahit dan daerah pusat pemerintahan Kerajaan Majapahit yang terletak di Jawa Timur bagaimana kisah-kisah selanjutnya akan kita lanjutkan ke Part Dua (djl) 

Sumber: